Jumat Menanam, Sudintamhut Tanam 20 Pohon Tabebuya Kuning di Jalan Raya Bogor

Jakarta Timur, (26/7/2024) – Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Timur (Sudin Tamhut) melakukan penanaman 20 phon tabebuya kuning di Jalan Raya Bogor KM 27,3 Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat  (26/7/2024). Penanaman melibatkan sekitar 75 personel gabungan dari unsur Sudin Tamhut dan Satpel Sudin Tamhut Kecamatan Pasar Rebo.

Penanaman dilakukan dilahan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos/fasum) perusahaan swata seluas 1.683 meter persegi.

Kepala Sudin Tamhut Jakarta Timur, Djauhar Arifin, hadir langsung didampingi Lurah Pekayon, Mesrarianita dalam penanaman tersebut. Djauhar menjelaskan, penanaman bertujuan menambah hijau kawasan yang setiap harinya ramai dilintasi banyak kendaraan, apalagi Jalan Raya Bogor merupakan jalan nasional, penghubung wilayah DKI Jakarta dengan Depok, Bogor, Jawa Barat.

“Karena masih ada ruang kosong di lahan fasos fasum dari perusahaan swasta maka kita tanami 20 pohon tabebuya untuk menambah penghijauan. Sebelumnya di pinggir Kalibaru juga kita tanam Tabebuya Kuning," kata Djauhar.

Lahan tempat penanaman, dijelaskan Djauhar, sudah diserahkan pihak swasta ke Pemprov DKI. Lahan itu dimanfaatkan untuk tiga kebutuhan, yakni gudang penyimpanan material milik Sudin Sumber Daya Air (SDA), tempat pembuangan sampah sementara (TPS) dan untuk taman.

"Lahan untuk taman ini masih kosong makanya kita tanami pohon hari ini," lanjut Djauhar.

Sementara itu, Plt  Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Tamhut Jakarta Timur, Randi Putra menambahkan, penanaman dilakukan tim Satgas Hijau yang biasa menangani jalur hijau kemudian didukung para kepala seksi, para Kasatpel di 10 kecamatan dan unsur terkait lainnya.

“Kegiatan Jumat menanam hari ini fokusnya di lahan fasos fasum. Ini sebagai langkah untuk pengamanan aset Pemda. Kalau dibiarkan kosong dikhawatirkan dimanfaatkan pihak lain,” ujarnya.

Penanaman pohon ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap Jumat. Dalam rangka mendukung program penghijauan dan target penanaman 4.000 pohon di Jakarta Timur. (JS)