Petugas PPSU Dapat Pelatihan Atasi Kebakaran

Sebanyak 53 petugas Pelaksana Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Ceger, Kecamatan  Cipayung, mendapat pelatihan pemadaman kebakaran. Latihan yang digelar di halaman Kantor Kelurahan Ceger tersebut dibimbing oleh petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur.

Lurah Ceger Nazir mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar anggota PPSU memiliki keterampilan dalam mengantisipasi terjadinya bahaya kebakaran. Pelatihan yang diterima petugas PPSU antara lain cara memadamkan kebakaran dini  dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dan karung basah.

“Kami senang dan berterima kasih kepada Damkar Jakarta Timur yang telah  memberikan  pelatihan kepada petugas PPSU. Jadi, jika terjadi kebakaran, petugas PPSU dapat segera menangani terlebih dahulu sebelum petugas pemadam kebakaran datang,” ujarnya.

Kepala Suku Dinas PKP Jakarta Timur, Darwin Ali mengatakan pelatihan pemadaman kebakaran bagi petugas PPSU merupakan salah satu program pihaknya. Alasannya, petugas PPSU selalu ada di lapangan yang bisa dengan cepat memadamkan api sedini mungkin sebelum petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi.

Sebelumnya, Sabtu lalu (20/8), sebanyak 40 petugas PPSU Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara juga mendapatkan pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran. “Kita akan latih semua PPSU di Kelurahan wilayah Jakarta Timur. Pelatihan mencakup pengenalan perangkat, sarana dan prasarana pemadam kebakaran yang ada di tempat warga. Dan cara memadamkan api dini dengan menggunakan karung basah dan APAR,” kata Darwin. (Jonathan/Kominfomas JT)