Walikota Hadiri Syukuran Beroperasinya RPTRA Taman Ikapola

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana menghadiri syukuran yang diadakan atas beroperasinya Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang ada di Taman Ikapola Kavling DKI Pondok Kelapa, Jalan Pondok Kelapa Raya RT 001/RW 04 Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Minggu (20/11). Pada kegiatan ini juga digelar sarasehan dan bakti sosial untuk warga di wilayah Kelurahan Pondok Kelapa.

Hadir pada kesempatan ini Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Jayadi, Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara, Camat Duren Sawit Abu Bakar, Kabag Kesos Jakarta Timur Yenny Asnita, Wakil II TP PKK Kota Jakarta Timur Kartini Jayadi dan para pejabat Pemkot Jakarta Timur serta para tokoh masyarakat Kelurahan Pondok Kelapa.

Pada kesempatan ini, BAZIS Jakarta Timur memberikan bantuan senilai Rp 62 juta yang diperuntukan  kegiatan bedah rumah Ibu Nasah dan Ibu Mariani, serta bantuan dana penunggakan sekolah  (penebusan Ijazah) atas nama Dafa. Selain itu juga adanya pemberian satu kursi roda untuk warga RW 05 Kelurahan Pondok Kelapa dan pemberian paket sembako untuk warga kurang mampu.

Walikota mengatakan, sarasehan di RPTRA Ikapola Pondok Kelapa ini merupakan tasyakuran atas telah diresmikan RPTRA tersebut pada tanggal 20 Oktober 2016 lalu. “Kegiatan ini adalah bentuk terima kasih masyarakat dengan rasa syukur bisa dibangunnya Ruang Publik Terpadu Ramah Anak ini dan juga sudah dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan yang diharapkan oleh Pemprov DKI yakni dari janin hingga lansia dapat memanfaatkan ini,” kata Walikota dalam sambutannya.

Walikota menambahkan, seluruh pengelola RPTRA diharapkan untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam merawat serta menjaga RPTRA Ikapola ini dengan baik. ”Jangan menganggap hanya berkerja administrasi saja,  tapi mampu mengerjakan berbagai aspek kegiatan mulai dari kebersihan ruangan, taman harus hijau dan  lapangan bola harus bersih serta harus mengurusi dan melayani pengguna juga,” ujarnya.

Menurutnya, para pengelola sudah diberikan pelatihan yang cukup, saat pembinaan dalam pelatihan sebelum ditugaskan pada RPTRA yang sudah terbangun. ”Pelatihan kan sudah diberikan pengetahuan dan pemahaman soal cara mengelola RPTRA. Dirinya pun menghimbau kepada para pengelola RPTRA yang mengikuti pelatihan, agar bekerja sungguh-sungguh dan  jangan hanya berpikir untuk melakukan pekerjaan administrasi semata,” papar walikota.

Sementara itu Lurah Pondok Kelapa Siska Leonita mengatakan, sarasehan ini bertujuan untuk mengenalkan kepada seluruh masyarakat sekitar, bahwa RPTRA Ikapola ini sudah bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. “Ini bentuk syukur warga dengan terbangunnya RPTRA yang ada dan dapat nikmati oleh seluruh masyarakat untuk menjalankan aktivitas mereka,” kata Siska.

Siska menjelaskan RPTRA Ikapola memiliki berbagai fasilitas, seperti lapangan futsal, perpustakaan dan lain-lainnya. “Untuk futsal jadwalnya sudah sangat padat, perpustakaan juga sudah aktif. Kemudian juga kita akan upayakan peningkatan Grossmartnya,” jelasnya.

Siska mengungkapkan, pada sarasehan ini juga diadakan bakti sosial bersama BAZIS Jakarta Timur. “BAZIS Jakarta Timur sangat luar biasa telah memberikan bantuan bedah rumah dan penebusan ijazah bagi warga kami,” tuturnya.

Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara mengatakan, bantuan dana bedah ini merupakan salah satu program dari BAZIS. “Sekarang ini kan BAZIS sendiri tidak bisa membantu kembali beasiswa ya. Maka dari itu kita alokasikan dana bantuan ini kepada bedah rumah warga dan penebusan ijazah. Tercatat hingga saat ini sebanyak 107 kali dilakukan bedah rumah warga di seluruh wilayah Jakarta Timur,” ujarnya.

Pada kesempatan ini,  Dwi mengharapkan para umaro di wilayah Jakarta Timur untuk mengajak masyarakat menginfaqan sebagian hartanya kepada BAZIS Jakarta Timur guna kepentingan bersama. “Diharapkan, para umaro diseluruh lingkungkan Kota Jakarta Timur untuk mengajak masyarakat menginfaqan sebagian hartanya kepada Bazis Jakarta Timur guna kepentingan besama, termasuk kepentingan dalam membangun rumah ibadah dan bagi masyarakat yang lebih membutuhkan,” tandasnya. (Ajid/Kominfomas JT)