Pepohonan Yang Ganggu Lampu PJU Akan Segera Dipangkas

Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur akan segera melakukan pemangkasan (topping) pohon pelindung yang ada di sepanjang Jl. Raya Ciracas dan Jl. Raya Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas. Pasalnya, dahan dan daun pepohonan sudah sangat lebat, sehingga menutupi lampu penerangan jalan umum (PJU) di dua jalan tersebut.

Akibatnya lampu PJU tidak berfungsi maksimal pada malam hari, karena sinarnya terhalang rimbunnya pohon. "Sudah ada laporan nanti akan kami tindak lanjuti," ujar Kepala Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur Mimi  Rachmiati, saat dihubungi, Senin (2/3/2015).

Warga setempat pun sudah mengeluhkan masalah ini. Akibat jalan yang gelap saat malam hari, menjadi rawan kecelakaan lalu lintas.

"Kita minta agar instansi terkait segera melakukan ditopping pohon karena ranting dan daun pohon sudah terlalu rimbun sehingga menutupi lampu PJU, kalau ini terus dibiarkan bisa membahayakan penggendara motor yang melintas," ujar Sandi, warga RT 03/RW 02 Kelurahan Kelapa Dua Wetan.

Selain menutupi lampu PJU, akibat terlalu rimbun juga menyebabkan dahan dan ranting pohon mudah patah, sehingga dapat membahayakan orang atau pengendara kendaraan yang melintas dibawahnya.

"Kalau hujan deras disertai angin kencang ranting pohon sering patah karena tidak sanggup menahan beban diatasnya, saya jadi khawatir nanti kalau menimpa orang dibawahnya siapa yang tanggung jawab," keluh Sandi. (Puji/Kominfomas JT)