Walikota Jaktim Pimpin PSN Di RW 04 Dan 08 Kelurahan Penggilingan

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayah RW 04 dan RW 08 Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jumat (17/4). Pada kegiatan ini, Walikota mendatangi  beberapa rumah warga untuk memeriksa jentik nyamuk dan sempat melakukan fogging (pengasapan) di saluran-saluran air disekitar tempat tinggal warga.

Walikota yang didampingi Kasudin Kesehatan Jakarta Timur Iwan Kurniawan ini meminta kepada warga agar rutin mengadakan PSN. Aksi ini menurutnya, merupakan satu-satunya cara paling ampuh agar lingkungan tempat tinggal bersih dari jentik nyamuk dan terhindar dari penyakit DBD.

“Lebih baik melakukan 3M (mengubur, menutup dan menguras) dari pada sedikit-sedikit minta difogging yang nanti akan menyebabkan nyamuk-nyamuk tersebut jadi kebal,” kata Walikota.

Fogging selain membuat nyamuk dapat kebal juga dapat membahayakan kesehatan masyarakat bila dilakukan terus-menerus.   “Lebih baik melakukan upaya lain, seperti  warga menanam pohon yang tak disukai nyamuk disekitar rumah, salah satunya pohon lavender. Ini untuk mengantisipasi agar nyamuk tidak bersarang disekitar rumah kita,” kata Walikota.

Walikota mengatakan, kehadiran dirinya ini juga untuk memberikan motivasi kepada para kader Jumantik selama ini telah bekerja tanpa pamrih. Dirinya pun menghimbau kepada warga agar warga membukakan pintu rumahnya untuk kader  Jumantik yang akan memeriksa jentik nyamuk.

“Mohon untuk dibukakan pintu untuk para kader jumantik agar dapat masuk kedalam menjalankan tugasnya memeriksa jentik nyamuk. Jangan sampai ada warga yang menolak kehadiran Jumantik, karena ini untuk kebaikan diri sendiri juga warga disekitarnya,” kata Walikota.

Saat Walikota memeriksa jentik-jentik nyamuk, di RW 04 Kelurahan Penggilingan, dari tiga rumah yang diperiksa, di salah satu rumah ditemukan jentik nyamuk. Jentik nyamuk tersebut berkembang biak di genangan air yang ada di halaman rumah warga.

Sebagai bentuk sanksi kepada warga yang dirumahnya terdapat jentik nyamuk penyebab penyakit DBD, Walikota pun memasang stiker di kaca jendela rumah yang bertuliskan,” Rumah Ini Ada Jentik Nyamuk.”

Dari RW 04, Walikota melanjutkan PSN ke Kampung Pedaengan, RT 014/RW 08 Kelurahan Penggilingan. Setelah melakukan fogging, Walikota menggelar dialog dengan warga setempat. (Rodin/Maman/Kominfomas JT)