Wali Kota Buka Kegiatan Uji Emisi Kendaraan Bermotor Di Duren Sawit

Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana membuka kegiatan pengawasan dan pemantauan uji emisi kendaraan bermotor di halaman Gelanggang Olahraga (GOR Senam)  Raden Inten, Jalan Raya Raden Inten II , Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Selasa (17/4).

Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya merupakan langkah Provinsi  DKI Jakarta untuk mewujudkan langit biru, pada kesempatan tersebut PT. Antam memberikan 300 tanaman produktif kepada Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur.

Uji emisi berlangsung selama tiga hari yang di gelar dilokasi berbeda, yaitu  Selasa17 April 2018 di Halaman Gelanggang Olahraga (GOR Senam)  Raden Inten, Rabu, 18 April 2018 di depan Masjid At-tin, Jalan Raya Taman Mini, Kelurahan Ceger dan Kamis, 19 April 2018 di Depan PT Antam Tbk, Jalan Pemuda, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung.

Uji emisi diberikan secara gratis  kepada pengguna kendaraan oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup dengan target sebanyak 2.500 kendaraan roda empat dapat di uji emisi,  dengan tujuan mengendalikan pencemaran emisi sumber bergerak melalui implementasi kebijakan terkait pengendalian pencemaran udara secara terkoordinasi dan terpadu.

Menurut Wali Kota kegiatan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) Tahun 2018 ini merupakan amanah yang terkandung dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta No. 2 Tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara, ”Kita secara rutin menggelar kegiatan pengawasan dan pemantauan uji emisi kendaraan ini dengan harapan pengendara dapat lebih memperhatikan kondisi gas buang kendaraan serta mendukung program langit biru”.

Hasil dari uji emisi ini diharapkan menjadi bahan evaluasi pemilik kendaraan, ”Uji emisi ini positif dalam menciptakan udara Jakarta yang bersih, saya berharap penyelenggraanya dilakukan setahun dua atau tiga kali mengingat Kota Jakarta tiap harinya dipadati dengan kendaraan” .

Wali Kota menghimbau kepada seluruh jajaran di Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur untuk melakukan uji emisi, untuk memberikan contoh kepada masyarakat, “Sebagai  langkah awal  saya membawa tiga kendaraan operasional, Kami bukan hanya meminta rakyat  untuk melakukan uji emisi tapi kami juga melakukannya,” imbuhnya.

Semantar itu Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur Budi Mulyanto mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan udara kota Jakarta yang bersih, “Setiap pemilik kendaraan bermotor khususnya roda empat berkewajiban untuk memelihara kendaraannya agar pembakaran di mesinnya tetap normal”.

Akmar Holmes (37) salah satu warga yang mengikuti uji emisi gartis, “Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Jakarta Timur yang telah menyelenggarakan uji emisi gratis untuk kendaraan roda empat, saya berharap tahun depan lebih banyak lagi dilakukan kegiatan seperti ini”.