Gubernur DKI Canangkan Gerakan Ketuk Pintu Di Rusunawa Pinus Elok

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mencanangkan  program Gerakan Ketuk Pintu Layani Dengan Hati, di Rusunawa Pinus Elok, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Minggu (24/5). Program ini bertujuan untuk mendekatkan akses layanan kesehatan kepada warga yang menghuni rumah susun di Ibukota Jakarta.

Gubernur yang tiba pukul 10.00 WIB, didampingi Ny. Veronica Tan disambut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Koesmedi Priharto dan Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana. Warga penghuni Rusunawa Pinus Elok pun tidak mau ketinggalan berebut salaman dengan Gubernur yang sejak menjadi Wakil Gubernur sudah berulangkali berkunjung ke tempat tersebut.

Dalam sambutannya, Gubernur sangat mengapresiasi Dinas Kesehatan yang membuat program Gerakan Ketuk Pintu Layani Dengan Hati. Gerakan ini menurutnya sejalan dengan Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Renstra Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait penataan pemukiman kumuh dan penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan di rumah susun.

Dipilihnya Rusun sebagai lokasi program menurut Gubernur, karena ke depan pihaknya ingin mendorong semua penduduk yang ada di kawasan kumuh pindah ke Rusun. Selain itu, ada keinginan pihaknya agar setiap  warga Jakarta memiliki dokter pribadi, dengan perbandingan 1.250 jiwa dilayani 1 dokter.

“Idenya dari situ, maka kita ingin mulai dari Rusun,” ujar Ahok.

Lewat program ini, para petugas kesehatan mendatangi satu-persatu penghuni Rusun. “Sebenarnya ini seperti sensus kesehatan, sensus ekonomi dan sensus KTP,” katanya.

Pada kesempatan ini Gubenur juga mewajibkan para penghuni Rusun memiliki KTP setempat. Langkah ini agar Rumah Susun tidak dialihkan ke orang yang tidak berhak.

“Penghuni Rumah Susun harus memiliki KTP setempat,” tukasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan, program ini dilaksankan di seluruh Rusunawa yang ada di lima wilayah kota dari bulan Mei-Oktober 2015. “Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh Suku Dinas Kesehatan dan Puskesmas di masing-masing wilayah sesuai dengan sasaran program Gerakan Ketuk Pintu Buka Hati,” ujarnya.

Pencanangan Gerakan Ketuk Pintu Buka Hati, ditandai dengan penekanan sirene oleh Gubernur dan para pejabat yang hadir. Selanjutnya, Gubernur keliling mendatangi tempat tinggal warga di Rusunawa Pinus Elok. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)