Sekko Jaktim Optimis SDN Cipinang Muara 05 Pagi Raih Juara Nasional

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar mengaku optimis, SDN Cipinang Muara 05 Pagi dapat meraih juara Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional tahun ini. Menurut Anwar, SDN Cipinang Muara 05 Pagi merupakan sekolah terbaik dari hasil seleksi yang dilakukan mulai di tingkat Kota sampai Provinsi.

“SDN Cipinang Muara 05 Pagi ini memiliki prestasi yang sangat banyak di bidang akademis dan kurikulum, dan memiliki Usaha Kesehatan Sekolah yang sangat baik,”  ujar Anwar, saat menerima Tim Penilai LSS Tingkat Nasional tahun 2015, di SDN Cipinang Muara 05 Pagi, Kelurahan Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (8/6).

Menurutnya, hampir setiap tahun di Kota Administrasi Jakarta Timur meraih juara LSS tingkat Nasional. Antara lain, tahun 2008 meraih juara nasional yang diwakili SMPN 103 Kecamatan Pasar Rebo dan juga mendapatkan juara umum pada tersebut. Pada tahun 2010, SMPN 275 dapat penghargaan Adiwiyata tingkat nasional, selanjutnya tahun 2010 diraih SDN 03 Cijantung, tahun 2011 TK Ikal juara Nasional, tahun 2012 SDK Sang Timur dan tahun  2013 SD Global Islamic Schools Kramat Jati meraih Juara Nasional.

“saya berharap tahun 2015 ini Jakarta Timur dapat kembali meraih juara Nasional Lomba Sekolah Sehat, dan kami siap mempertahankan gelar juara tingkat Nasional dalam Lomba Sekolah Sehat ini,” tukas Anwar.

Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional Tahun 2015, Agustina Widiastuti, SKM, mengatakan, diterapkan dua kategori best performance atau kinerja terbaik dan Best Achievment, untuk mengakomodir sekolah-sekolah yang ada diperkotaan maupun yang ada dipedesaan jadi tidak hanya sekolah yang diperkotaan saja yang mendapatkan penghargaan di pedesaan juga mendapakan penghargaan.

“Oleh karena itu penyelenggaraan LSS ini tidak ada lagi juara harapan,” ujar Agustina.

Agustina berharap, TP UKS Provinsi, Kota, Kecamatan mampu melahirkan program-program  yang inovatif produktif sesuai karakteristik daerah sebagai solusi alternative memecahkan masalah sosial yang ada di sekolah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Cipinang Muara 05 Pagi, Jaya Rahmat, mengatakan, di sekolah yang dipimpinnya, kegiatan  UKS sangat aktif sekali. Para dokter cilik yang selain mendapatkan ilmu tentang UKS juga diajarakan bagaimana cara penanggulangan bencana terutama bencana gempa.

"Jadi mereka yang menjadi dokter cilik di UKS kami, sudah paham apabila ada siswa yang sakit maupun saat terjadi bencana gempa, siswa juga selalu diajarkan bagaimana mencuci tangan yang baik dan selalu melakukan senam pagi guna mencegah siswa menjadi obesitas," papar Jaya. (Idham/Kominfomas JT)