Wakil Walikota: Pertumbuhan Koperasi Di Jaktim Cukup Pesat

Wakil Walikota Jakarta Timur Husein Murad mengungkapkan pertumbuhan koperasi di Jakarta Timur cukup pesat. Dirinya berharap, koperasi yang ada tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadi panutan bagi koperasi lainnya.

“Sampai saat ini di Jakarta Timur ada 1.271 koperasi yang terdiri dari berbagai kelompok koperasi seperti koperasi TNI, Polri, Pegawai Negeri, BUMN dan koperasi lainnya,” kata Wakil Walikota, saat membuka Pencanangan Hari Koperasi Ke 68 tahun 2015 di Ruang Serba Guna Blok C, Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (11/6).

Menurutnya, koperasi memiliki peran yang sangat penting didalam kontribusi ekonomi nasional karena dapat menciptakan  lapangan kerja, wirausaha mandiri, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015 ini sudah dimulai, untuk itu Koperasi harus kuat dan mandiri didukung oleh kemampuan market dari para anggotanya sendiri,” ujarnya.

Husein berharap,  kegiatan temu usaha koperasi ini dapat menjadikan gerakan yang terpadu sebagai usaha memasyarakatkan koperasi dan mengkoperasikan masyarakat khususnya wilayah Jakarta Timur. Dirinya juga berharap, para pelaku insan koperasi baik para pembina, Sudin Koperasi UMKM dan Perdagangan, serta Dekopinda Jakarta Timur dapat bersinergi dalam rangka mendorong atau mengaktifkan kembali koperasi koperasi yang ada di masyarakat dari yang kurang aktif agar menjadi aktif kembali dan untuk koperasi yang sudah baik agar lebih ditingkatkan lagi.

“Saya berharap Koperasi yang ada di Jakarta Timur dapat menjadi panutan bagi koperasi lainnya untuk terus berpacu mengembangkan kegiatan usahanya,” ujar Husein.

Ketua Panitia Hari Koperasi ke 68 tahun 2015, Triansyah, berharap, koperasi dapat semakin kokoh sebagai soko guru perekonomian Nasional. Lewat temu usaha ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama anggota koperasi, membangun jati diri nilai-nilai koperasi, serta membangun kebersamaan dalam mensejahterakan masyarakat.

“Dalam rangka Hari Kperasi diadakan berbagai acara antara lain kegiatan penilaian keberhasilan koperasi, mengadakan pekan raya koperasi atau bazar, workshop tentang koperasi, lomba futsal di koperasi lapangan futsal Angkatan Udara Halim Perdana Kusuma, lomba mewarnai di Koperasi At Tawun Jl. Raya Bogor, pengobatan gratis yang akan diselenggarakan Koperasi RS. Pasar Rebo dan Koperasi RS. Islam Jakarta Pondok Kopi, ziarah ke makam Bung Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Jakarta Timur, Suyanto, SE, M.Si, mengatakan, baru tahun ini dilakukan sinergitas antara Dekopinda dan gerakan koperasi lainnya dengan Sudin Koperasi UMKM dan Perdagangan  Jakarta Timur.

“Diharapkan dengan sinergitas ini dapat mewarnai gerakan koperasi khususnya di Jakarta Timur dan dapat memajukan koperasi di Jakarta Timur,” tukas Suyanto. (Idham/Kominfomas JT)