Warga Kampung Pulo Mulai Pindah Ke Rusunawa Jatinegara Barat

Warga Kampung Pulo yang terkena proyek normalisasi Kali Ciliwung, mulai pindah ke Rusunawa Jatinegara Barat. Pada hari pertama program relokasi tersebut, Senin (15/6), tercatat ada 64 kepala keluarga (KK) dari RW 01 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara yang pindah ke tempat tinggal yang baru.

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana mengatakan, kegiatan yang dilakukan pihaknya ini untuk membantu warga Kampung Pulo pindah ke Rusunawa Jatinegara Barat. “Hari ini yang dilakukan bukan penertiban, namun operasi kemanusiaan untuk merelokasi warga Kampung Pulo ke tempat tinggalnya yang baru,” kata Walikota, usai memimpin apel personel program relokasi warga Kampung Pulo, di Rusunawa Jatinegara Barat.

Menurut Walikota sudah ada 403 warga Kampung Pulo dari RW 01, 02 dan 03 kelurahan kampung Melayu yang mendaftar pindah ke Rusunawa Jatinegara Barat. Dari jumlah tersebut, sudah ada 105 warga yang mengambil kunci dan siap untuk direlokasi.

“Petugas yang dikerahkan, untuk membantu warga mengangkut barang-barang miliknya ke Rusunawa Jatinegara Barat,” ujarnya.

Proses relokasi ini menurut Walikota didukung anggota Satpol PP, Polri dan TNI. Tercatat ada 200 personel gabungan yang dikerahkan dan 30 unit truk untuk mengangkut barang dan perabotan rumah tangga warga.

“Saya berharap relokasi warga kampung Pulo dapat terlaksana dengan baik dan lancar, karena tujuan kita semua untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Kasatpol PP Provinsi DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso yang ikut memantau proses relokasi warga Kampung Pulo mengatakan, para anggota Satpol PP siap membantu warga bila ingin pindah ke Rusunawa Jatinegara Barat. “kami siap mengantarkan saudara-saudara kita yang ingin pindah ke apartemen. Saya bilang apartemen karena tempatnya cukup mewah,” kata Kukuh.

Kukuh mengungkapkan, dirinya diperintahkan langsung Gubernur DKI untuk memfasilitasi proses relokasi warga Kampung Pulo yang terkena proyek normalisasi Kali Ciliwung. “Mulai dari mengangkut dari rumah yang lama sampai ke tempat yang baru akan kita fasilitasi dengan tenaga Satpol PP dan tidak bayar,” ujarnya.

Untuk RW 01 Kelurahan Kampung Melayu, sudah seluruhnya atau 64 KK yang pindah ke Rusunawa Jatinegara Barat. “Saya berharap, warga lainnya juga akan menyusul untuk pindah agar proyek normalisasi Kali Ciliwung ini dapat cepat terealisasi,” pesannya. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)