Walikota Jaktim Pimpin Ziarah Ke Makam Pangeran Jayakarta

Jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta ke 488, Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, memimpin ziarah ke makam Pangeran Jayakarta, di Jl. Jatinegara Kaum, Pulogadung, Selasa (16/6). Ziarah diikuti para pejabat Eselon III dan IV dari lingkungan Pemkot Jakarta Timur dan Jakarta Utara, serta Pemkab Kepulauan Seribu.

Ziarah diawali dengan pembacaan sejarah singkat Pangeran Jayakarta, dilanjutkan dengan pembacaan doa. Setelah itu, Walikota melakukan peletakan karangan bunga diatas pusara makam Pangeran Jayakarta dan melakukan tabur bunga.

Usai ziarah Walikota melakukan tatap muka dan ramah tamah dengan para keturunan Pangeran Jayakarta  di Masjid Jami Assalafiyah. Dalam pertemuan ini, keturunan Pangeran Jayakarta yang diwakili H. Suhendar menyampaikan masih terkendalanya pemugaran situs makam Pangeran Jayakarta.

“Saat ini masih ada lima bidang tanah yang belum dibebaskan untuk perluasan situs makam Pangeran Jayakarta,” kata Suhendar.

Menurut Suhendar, proyek pemugaran situs makam dan masjid peninggalan Pangeran Jayakarta sudah dimulai sejak tahun 2008. Dirinya berharap, sisa lahan yang harus dibebaskan dapat segera terealisir.

“Saat ini sangat dibutuhkan lahan parkir untuk para peziarah yang berkunjung. Kami berharap proyek pembangunan situs makam Pangeran Jayakarta dapat cepat terlaksana,” ujarnya.

Walikota mengungkapkan dirinya siap menyelesaikan pembebasan lahan untuk pengembangan situs makam Pangeran Jayakarta.   “Saya minta kepada Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur agar pembebasan lahannya dituntaskan,” kata Walikota.

Menurutnya, Gubernur sudah memerintahkan agar memanfaatkan anggaran yang tidak dapat dilaksanakan tahun ini untuk membeli  lahan. “Ini kesempatan yang bagus untuk segera diusulkan, berdasarkan harga NJOP terakhir,” katanya. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)