Diikuti 150 UKM, Walikota Buka Pekan Rakyat Jakarta Timur

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana membuka Pekan Rakyat Jakarta Timur Tahun 2015 di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (16/6). Kegiatan yang berlangsung dari 15-21 Juni 2015 ini, diikuti 150 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Jakarta Timur.

Walikota mengatakan, kegiatan ini salah satu usaha untuk mendorong para pelaku UKM agar Iebih berkembang,  khususnya dalam membuka pangsa pasar, disamping sebagai sarana hiburan masyarakat disekitar untuk memperoleh kebutuhannya dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan Lebaran.

“Upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja dengan pemberdayaan UMKM telah banyak dilakukan oleh unit  unit terkait, baik dalam peningkatan mutu barang kualitas,” ujar Walikota.

Menurutnya, penciptaan aspek pasar melalui pameran, Pasar Rakyat baik dilakukan di luar daerah maupun di dalam kota hal tersebut masih dirasakan kurang efektif. Untuk itu perlu pembinaan yang terpadu antara unit instansi terkait yang melakukan pembinaan terhadap UMKM unit mana yang melakukan kualitas, mutu dan kehalalan produk UKM, unit mana yang membantu peningkatan SDM UMKM dan unit mana yang membantu pengembangan pasar.

Hal tersebut dilakukan secara profesional sesuai dengan tupoksi unit masing masing, terlebih dalam rangka menghadapi perdagangan bebas MEA tahun 2015 oleh UMKM yang masih perlu dukungan dan keberpihakan dari pemerintah.

Walikota berharap, kegiatan Pekan Rakyat Jakarta Timur ini dapat dijadikan momen untuk mendorong tumbuhnya UMKM menjadi salah satu penopang perekonomian rakyat dan memiliki peran penting didalam kontribusi ekonomi nasional dan dapat membuka lapangan kerja baru dan peningkatan kesejahteraaan masyarakat.

Kepala Suku Dinas UMKM Kota Administrasi Jakarta Timur, Arfian, mengatakan, kegiatan Pekan Rakyat Jakarta Timur tahun 2015 adalah rangkaian dari pada HUT ke 488 kota Jakarta tanggal 31 Mei 2015 di PIK Penggilingan dan sebagai sarana promosi produk UKM binaan Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Perdagangan Kota Administrasi Jakarta Timur serta SKPD terkait.

“Tujuan dari kegiatan penyelenggaraan Pekan Rakyat Jakarta Kota Jakarta Timur tahun 2015 tersebut untuk mempromosi produk-produk UMKM kuliner dan non kuliner, menumbuh kembangkan UMKM binaan Jakarta Timur, memberdayakan ekonomi para pelaku usaha UMKM, memberikan alternatif sarana usaha bagi UMKM dan hiburan bagi masyarakat Jakarta Timur,” paparnya.

Arfian mengatakan, Pekan Rakyat Jakarta Kota Jakarta Timur merupakan salah satu kegiatan prioritas Gubernur yang tertuang dalam RPJMD 2013 sampai 2017 yang berupa penyediaan ruang bagi Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Kegiatan ini diikuti oleh 150 UKM terdiri dari kuliner dan non kuliner, kegiatan Pekan Rakyat Jakarta kota Jakarta Timur tahun 2015 ini  dimulai pada hari Senin tanggal 15 juni 2015 sampai dengan 21 Juni 2015, bertempat di halaman Walikota Kota Jakarta timur,” ujar Arfian. (Idham/Kominfomas JT)