Safari Ramadhan, Walikota Bantu Pembangunan Musholah Rp 20 Juta

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana bersama para pejabat di lingkungan Pemkot Jakarta Timur mengadakan safari Ramadhan di Musholah Baiturohman, Jl. Jatinegara Barat IV, Gg Meni RW 03 Kelurahan Balimester, Kecamatan Jatinegara, Rabu (24/6). Pada kesempatan ini, Walikota menyerahkan bantuan untuk pembangunan musholah tersebut sebesar Rp 20 juta.

Musholah Baiturohman yang berdiri sejak tahun 1952 ini, sudah lama tidak direnovasi. Terakhir renovasi total dilakukan tahun 1982.

“Setelah itu sampai sekarang belum ada renovasi yang dilakukan. Warga mengharapkan adanya perubahan fisik dari mushalah ini, agar dapat berkonsentrasi dalam melakukan kegiatan keagamaan,” papar Ketua Pengurus Musholah Baiturohman Uztad H. Huda Permana.

Walikota pada kesempatan ini memberikan apresiasi melihat banyak kegiatan yang dilakukan di musholah Baiturohman selama bulan Ramadhan seperti  pesantren kilat, kultum dan PAUD.  “Kegiatan yang dilakukan dari pagi hingga malam hari. Ini sangat positif sekali bagi masyarakat,” ujarnya.

Terkait kegiatan safari Ramadhan, merupakan program darinya selama bulan Ramadhan. Menurut Walikota, lewat kegiatan ini dirinya didampingi para pejabat di lingkungan Pemkot Jakarta Timur, keliling ke masjid-masjid untuk buka puasa dan sholat tarawih bersama warga.

“Ini merupakan kegiatan rutin selama bulan Ramadhan, sebagai upaya untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah sangat terbantu dengan peran aktif para tokoh agama dalam melakukan pembinaan umat baik mental dan spiritual. "Ramadhan merupakan sebagai wahana untuk meningkatkan  keimanan dan ketakwaan kita sebagai sebagai bekal untuk mawas diri, diharapkan bulan Ramadhan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menjauhkan diri dari perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain," tukas Walikota.

Pada kesempatan ini, Walikota memberikan bantuan untuk pembangunan musholah dari BAZIS Jakarta Timur sebesar Rp 20 juta,  Mushab Al Quran sebanyak 10 buah dan alat-alat olahraga dari Sudin Olahraga dan Pemuda Jakarta Timur.

Usai buka puasa dan sholat magrib di Musholah Baiturohman, Walikota  melakukan shalat Isya dan tarawih bersama warga di Masjid Al-Hidayah RT 006/RW 02 Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara. Walikota juga menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp 15 juta, Mushab Al Quran sebanyak 10 buah dan alat-alat olahraga. (Maman/Rodin/Kominfomas JT)