Cilangkap Dan Ceger Raih Piagam Kelurahan Sadar Buang Air Besar Sembarangan

Kelurahan Cilangkap dan Ceger raih piagam penghargaan Kelurahan Sadar Buang Air Besar Sembarangan dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Penghargaan diberikan secara simbolis oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar kepada Lurah Cilangkap Natsir Sugiar dan Lurah Ceger Dwi Ispuranto, di RPTRA Garuda Cilangkap, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (28/11/2019).

Anwar menyebutkan, sebelumnya wilayah Kelurahan Cilangkap dan Kelurahan Ceger memiliki sejumlah jamban yang terbuang langsung ke saluran dan kali. Tetapi saat ini sudah tidak ada.   

“Sekarang, Alhamdulillah berkat swadaya masyarakat dan kesadaran masyarakat, CSR, dan kelurahan sudah hampir seluruhnya memiliki jamban sehat," kata Anwar.

Kelurahan Ceger

Selain itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Cipayung Rini Muharni menyebutkan, kini  Kecamatan Cipayung telah mengantongi empat kelurahan yang meraih penghargaan Kelurahan Sadar Buang Air Besar Sembarangan dan STBM. Sebelumnya yaitu Kelurahan Cipayung dan Kelurahan Bambu Apus, sedangkan saat ini Kelurahan Cilangkan dan Kelurahan Ceger.

“Dan, yang terbaru ada dua kelurahan yang diberikan piagam stop buang air besar sembarangan langsung kepada Lurah Cilangkap dan Lurah Ceger," kata Rini.

Kelurahan Cilangkap

Penghargaan tersebut didukung dengan gelaran Deklarasi Stop Buang Air Besar dan Santitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di RPTRA Garuda Cilangkap. Walikota juga ikut melakukan penanaman pohon di sana.