Pemkot Jatim Gelar Pasar Murah Daging Bersubsidi Di 6 Lokasi

Dalam rangka menghadapi hari raya Lebaran, Pemkot Jakarta Timur akan menggelar pasar murah daging bersubsidi di enam kecamatan, Selasa (14/7). Untuk daging sapi bersubsidi akan dijual Rp 39 ribu per kg dan ayam dijual Rp 13 ribu per ekornya.

Rencananya pasar murah ini dilakukan secara serentak mulai pukul 08.00 dengan mengambil lokasi di halaman Kantor Kecamatan Duren Sawit, halaman kantor Kecamatan Jatinegara, halaman Kantor Kecamatan Matraman, halaman kantor Kelurahan Jatinegara (Kecamatan Cakung), halaman kantor Kelurahan Lubang Buaya (Kecamatan Cipayung) dan halaman kantor Kelurahan Tengah (Kecamatan Kramatjati).  “Total ada 5 ton daging sapi dan 2.290 ekor ayam dengan harga bersubsidi yang akan dijual di enam lokasi di wilayah Jakarta Timur besok,” kata Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Timur Ir. Bayu Sari Hastuti, MAGR.SC, di kantornya, Senin (13/7).

Daging sapi dan ayam bersubsidi tersebut menurut Bayu akan didistribusikan berdasarkan kuota yang telah ditentukan. Untuk Kecamatan Duren Sawit akan dijual 1 ton daging dan 300 ekor ayam, Kecamatan Jatinegara (1 ton daging dan 400 ekor ayam), Kecamatan Matraman (500 kg daging dan 390 ekor ayam), Kecamatan Cakung (1 ton daging dan 400 ekor ayam), Kecamatan Cipayung (1 ton daging dan 400 ekor ayam) dan Kecamatan Kramatjati (500 kg daging dan 400 ekor ayam).

“Warga dapat membeli daging dengan menunjukkan kupon subsidi yang dibagikan oleh pihak kelurahan di enam lokasi tersebut,” kata Bayu.

Menurutnya, masyarakat penerima kupon subsidi berdasarkan data yang ada di kelurahan . Acuannya, dari data Ingub 27/2011 Tentang Penggunaan Data Rumah Tangga Sasaran (RTS) dalam Program Penanggulangan Kemiskinan.

“Jadi kupon-kupon subsidi yang membagikannya dari pihak kelurahan dengan diawasi oleh Kepala Seksi Sudin KPKP di Kecamatan,” katanya.

Bayu menuturkan harga subsidi yang diberikan untuk daging ayam Rp 50 ribu per kg dan ayam Rp 25 ribu per ekor. Distributor daging sapi dan ayam menurut Bayu sudah ditetapkan dengan SK Gubernur yaitu PT Dharma Jaya untuk daging sapi dan RPH Rawa Kepiting untuk ayam.

Untuk daging sapi (sapi lokal dan daging bagain paha belakang) harga distributor saat ini mencapai Rp 89 ribu per kg. Lewat kegiatan pasar murah ini, harga ditributor tersebut akan diberikan subsidi sebesar Rp 50 ribu, sehingga masyarakat dapat membeli hanya dengan harga Rp 39 ribu per kg.

Sementara untuk ayam, harga ditributor RPH Rawa kepiting mencapai Rp 38 ribu per ekor. Pada kegiatan pasar murah dalam rangka menghadapi Lebaran, Pemerintah akan memberikan subsidi Rp 25 ribu per ekor. “Jadi untuk ayam masyarakat penerima subsidi dapat membeli dengan harga Rp 13 ribu per ekor,” katanya.

Kegiatan yang dilakukan untuk menekan para spekulan daging menjelang Lebaran ini sebelumnya juga dilakukan di halaman kantor Walikota Jakarta Timur tanggal 8-9 Juli 2015. Sasarannya yaitu warga miskis di wilayah Kelurahan Pulogebang dan Penggilingan.

“Pasar murah di Kantor walikota kemarin tercatat ada 1.487 kg daging sapi, 800 ekor ayam dan 800 kg telur ayam yang dijula dengan harga subsidi ke masyarakat,” ujar Bayu. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)