Walikota Buka Pasar Murah Daging Bersubsidi Di Kantor Camat Jatinegara

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana berencana akan membuka pasar murah daging bersubsidi di halaman Kantor Kecamatan Jatinegara, Selasa (14/7). Kegiatan ini sendiri selain dalam upaya menekan harga daging dipasaran yang semakin melonjak naik menjelang hari raya Idul Fitri juga memberikan kesempatan masyarakat miskin mendapatkan daging murah.

Selain di Kecamatan Jatinegara, pasar murah yang sama juga diadakan di lima lokasi lainnya, yaitu di halaman kantor Kecamatan Duren Sawit, Kecamatan Matraman, Kelurahan Jatinegara (Kecamatan Cakung), Kelurahan Lubang Buaya (Kecamatan Cipayung) dan Kelurahan Tengah (Kecamatan Kramatjati).  Tercatat daging bersubsidi yang akan dijual di Kecamatan Jatinegara untuk daging sapi sebanyak 1 ton dan 400 ekor ayam,  Kecamatan Duren Sawit akan dijual 1 ton daging dan 300 ekor ayam, Kecamatan Matraman (500 kg daging dan 390 ekor ayam), Kecamatan Cakung (1 ton daging dan 400 ekor ayam), Kecamatan Cipayung (1 ton daging dan 400 ekor ayam) dan Kecamatan Kramatjati (500 kg daging dan 400 ekor ayam).

“Total ada 5 ton daging sapi dan 2.290 ekor ayam dengan harga bersubsidi yang akan dijual di enam lokasi di wilayah Jakarta Timur besok,” kata Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Timur Ir. Bayu Sari Hastuti, MAGR.SC, di kantornya, Senin (13/7).

Teknis pembelian daging bersubdidi dengan menggunakan kupon yang dibagikan kepada warga melalui pihak kelurahan. Adapun  masyarakat penerima kupon subsidi berdasarkan data yang ada di kelurahan dengan acuan data Ingub 27/2011 Tentang Penggunaan Data Rumah Tangga Sasaran (RTS) dalam Program Penanggulangan Kemiskinan.

“Jadi kupon-kupon subsidi yang membagikannya dari pihak kelurahan dengan diawasi oleh Kepala Seksi Sudin KPKP di Kecamatan,” katanya.

Bayu menuturkan harga subsidi yang diberikan untuk daging ayam Rp 50 ribu per kg dan ayam Rp 25 ribu per ekor. Untuk daging sapi (sapi lokal dan daging bagain paha belakang) harga distributor saat ini mencapai Rp 89 ribu per kg. Dengan subsidi sebesar Rp 50 ribu, sehingga masyarakat dapat membeli daging sapi hanya dengan harga Rp 39 ribu per kg.

Sementara untuk ayam, harga ditributor RPH Rawa kepiting mencapai Rp 38 ribu per ekor. Pada kegiatan pasar murah dalam rangka menghadapi Lebaran, Pemerintah akan memberikan subsidi Rp 25 ribu per ekor. “Jadi untuk ayam masyarakat penerima subsidi dapat membeli dengan harga Rp 13 ribu per ekor,” katanya. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)