Daging Bersubsidi Dinikmati 4.000 RTS Di Jaktim

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana membuka pasar murah daging bersubsidi di halaman Kantor Kecamatan Jatinegara, Selasa (14/7). Lonjakan harga daging di pasaran menjelang hari raya Lebaran, menjadi latar belakang digelarnya kegiatan ini.

“Harga daging yang dijual jauh di bawah harga pasaran dan harga distributor,” kata Walikota, usai membuka acara.

Menurut Walikota, daging yang dijual yaitu daging sapi dan ayam yang meningkat kebutuhannya selama menjelang  hari raya Lebaran. Adapun penjualan daging bersubsidi ditujukan pada Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang tercacat di BPS. “Penerima kupon pembelian daging bersubsidi merupakan warga yang menerima Raskin. Sedikitnya sekitar 3000 sampai 4000 warga Jakarta Timur yang mendapatkan kupon,” kata Walikota.

Menurut Walikota, kupon subsidi daging dibagikan oleh pihak kelurahan melalui RT/RW. Warga yang mendapatkan kupon selanjutnya membawa ke lokasi-lokasi yang ditentukan untuk penjualan daging bersubsidi, yaitu untuk Kecamatan Jatinegara di halaman Kantor Camat Jatinegara,  di halaman kantor Kecamatan Duren Sawit, Kecamatan Matraman, Kelurahan Jatinegara (Kecamatan Cakung), Kelurahan Lubang Buaya (Kecamatan Cipayung) dan Kelurahan Tengah (Kecamatan Kramatjati). 

“Warga hanya mendapatkan satu kupon, baik untuk daging sapi maupun ayam,” kata Bambang.

Menurut Walikota, total ada 5 ton daging sapi dan 2.290 ekor ayam dengan harga bersubsidi yang dijual di enam lokasi di wilayah Jakarta Timur. Untuk Kecamatan Jatinegara, kuota daging  daging sapi yang dijual sebanyak 1 ton dan 400 ekor ayam,  Kecamatan Duren Sawit (1 ton daging sapi dan 300 ekor ayam), Kecamatan Matraman (500 kg daging sapi dan 390 ekor ayam), Kecamatan Cakung (1 ton daging sapi dan 400 ekor ayam), Kecamatan Cipayung (1 ton daging sapi dan 400 ekor ayam) dan Kecamatan Kramatjati (500 kg daging sapi dan 400 ekor ayam).

Walikota mengatakan,  harga subsidi yang diberikan untuk daging sapi Rp 50 ribu per kg dan ayam Rp 25 ribu per ekor. Untuk daging sapi (sapi lokal dan daging bagain paha belakang) harga pasaran saat ini mencapai Rp 110 ribu per kg dan harga distributor PD Dharma Jaya mencapai Rp 89 ribu per kg. Dengan subsidi sebesar Rp 50 ribu, masyarakat pemegang kupon hanya membeli daging sapi hanya dengan harga Rp 39 ribu per kg.

Sementara untuk ayam, harga pasaran saat ini mencapai Rp 40 ribu dan harga ditributor RPH Rawa Kepiting sebesar  Rp 38 ribu per ekor. Pada kegiatan pasar murah dalam rangka menghadapi Lebaran, Pemerintah akan memberikan subsidi Rp 25 ribu per ekor. “Jadi untuk ayam masyarakat penerima subsidi dapat membeli dengan harga Rp 13 ribu per ekor,” ujar Walikota. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)