Sekko Jaktim Minta Petugas Angkut Sampah Sepanjang 300 Meter Di Kramat Jati

Sebanyak 300 petugas gabungan melaksanakan kegiatan kerja bakti dalam rangka pengangkutan sampah yang masih menumpuk di lingkungan warga, tepatnya berada di wilayah RW 11 Kelurahan Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (8/1/2020).

Petugas gabungan terdiri dari satuan petugas (satgas) Satpol PP, Sumber Daya Air, Bina Marga, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan satuan petugas lainnya. Ikut serta juga satuan PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) Kecamatan Kramat Jati, PPSU Kelurahan Bambu Apus, Satgas Kelurahan Cilangkap, Satgas Kelurahan Cipayung, Satgas Kelurahan Munjul dan Satgas PMI Kota Administrasi Jakarta Timur.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi memimpin aksi kerja bakti pascabanjir pada hari ini, yang diawali dengan apel di halaman Kantor Kecamatan Kramat Jati.

Dalam kegiatan ini Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur didampingi oleh Camat Kramat Jati Eka Darmawan dan Lurah Kramat Jati Husni Abdullah.

“Karena sampah masih cukup banyak di Jalan Inspeksi Kali Cipinang sepanjang 300 meter masih banyak tumpukan sampah jadi kita bersihkan secara keseluruhan, karena jika tidak dibersihkan, bisa menimbulkan macam penyakit,” ujar Usmayadi.

Ia menilai Jalan Inspeksi Kali Cipinang banyak sampah yang belum dibersihkan, sehingga membutuhkan alat berat untuk mengangkut sampah. Ia pun meminta agar warga sekitar juga ikut membantu dan bergabung bersama petugas dalam membersihkan sampah.

“Karena ini sebuah musibah jadi, ayo warga juga lakukan kerja bakti bersama petugas agar aktivitas kita semua bisa kembali normal, dan sampah yang tertumpuk bisa cepat bersih dan terangkut," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Kramat Jati Eka Darmawan mengucapkan terima kasih atas aksi turun tangan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur di wilayah Kramat Jati dalam penanganan sampah banjir.

"Selain itu saya juga mengucapkan kepada seluruh petugas yang ikut serta membantu wilayah terkena dampak bencana banjir untuk mengangkut sisa sampah yang menumpuk di  wilayah RW 11 Kelurahan Kramat Jati,"kata Eka.

Dalam aksi kerja bakti di Jalan Inspeksi Kali Cipinang RW 11 Kelurahan Kramat Jati ini mengerahkan tiga truk pengangkut sampah. Diturunkan juga alat berat dan lima mobil bak yang membantu pengangkutan sampah.

Alhamdulilah berkat kerja keras seluruh petugas gabungan Jalan Dato Tonggara 1 belakang SMA 62 sudah bersih dari tumpukan sampah demikian juga depan sekolah SDN Kramat Jati 19 Jakarta, yang semula tumpukan juga banyak sekarang sudah bersih.

Ia berharap agar semua sampah di wilayah Jakarta Timur bisa cepat terangkut. Selanjutnya akan dilakukan penyemprotan dengan bekerjasama dengan petugas pemadam kebakaran dan karbolisasi disinfektan, agar wilayah terbebas dari bakteri penyebab penyakit.