Pemkot Jaktim Gencarkan Antisipasi Penularan Virus Corona

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur gencar melakukan sosialisasi dan pencegahan dalam mewaspadai virus corona atau atau COVID-19 (Corona Virus Disease).

Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, akan menindaklanjuti Instruksi itu tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Nomor 16 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi COVID-19. Pihaknya, meminta agar seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)/ UKPD (Unit Kerja Perangkat Daerah) terus gencarkan kebiasaan hidup bersih dan sehat bagi seluruh warganya.

Ia meminta, sosialisasi itu digencarkan pada saat lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Jumat (6/3/2020), dengan bantuan tenaga medis dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur.

Dari sosialisasi ini diharapkan dapat menjawab keresahan bagi masyarakat dalam mengantisipasi pencegahan bahaya virus corona yang saat ini cukup meresahkan masyarakat.

“Saya minta diseluruh tempat pelayanan warga untuk disosialisasikan mengenai pencegahan bahaya virus corona,” kata Walikota saat memimpin Rakorwil Bulan Maret tahun 2020 di Ruang Pola Lantai 2 Blok A Kantor Walikota, Selasa (3/3/2020).

Hal senada diungkapkan Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur, Indra Setiawan, yang mengatakan bahwa warga juga harus membiasakan diri mencuci tangan setelah batuk atau bersin, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, setelah menggunakan toilet, serta sesudah merawat binatang. Tak sampai disitu, warga juga harus istirahat yang cukup, olahraga, dan makan sayur serta buah-buahan.

“Nanti kita gencarkan sosialisasi bagaimana pencegahanya diseluruh warga. Utamakan, menerapkan etika batuk serta cuci tangan dan pola hidup bersih sehat,” tandas Indra. (AJ)