Gubernur DKI Ajak Warga Waspadai COVID-19 saat Salat Berjamaah di Masjid

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengingatkan masyarakat agar mewaspadai wabah virus Corona atau COVID-19 dalam ibadah salat berjamaah di masjid, termasuk ibadah salat Jumat berjamaah.

Hal ini disampaikan Gubernur melalui pesan suara Jumat (13/3/2020) mengingat informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) resmi menyatakan status virus Corona atau COVID-19 sebagai epidemi global.

Status itu diumumkan setelah dinaikkan dari status epidemi ketika virus Corona telah menginfeksi 125.000 orang dan membunuh 45.000 Iebih di seluruh dunia.

"Saudara-saudaraku umat Islam se-Jakarta, prinsipnya sangat sederhana, jangan panik tapi jangan pula menganggap enteng dan jangan meremehkan," katanya.

Gubernur berpesan kepada untuk seluruh warga dalam mengantisipasi wabah virus Corona atau COVID-19 dengan meperhatikan empat hal.

Pertama, saat berjamaah salat Jumat dan kegiatan salat berjamaah lainnya di masjid bawalah sajadah dan bawalah sapu tangan untuk alas sujud. Kedua, cuci tangan dengan sabun sebelum atau sesudah kegiatan salat Jumat.

Ketiga, untuk sementara waktu hindari jabat tangan dan cium pipi, gunakan metode lain untuk saling bersapa tanpa harus bersentuhan. Terakhir, keempat, bila sedang flu sedang batuk maka gunakan masker dan bila tiba-tiba batuk dan bersin maka tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau lipatan siku tangan.

Pesan serupa juga ditujukan kepada seluruh pengurus masjid agar terapkan sebagai berikut.

“Pertama, pada saat pengumuman selalu selipkan pesan kewaspadaan tentang wabah ini kepada seluruh jamaah. Ingatkan, untuk rajin cuci tangan dengan sabun dan hindari bersentuhan fisik untuk sementara waktu,” jelasnya.

Kedua, penyediaan sabun di area wudhu. Ketiga, proses pembersihan masjid ditingkatkan dan ditingkatkan dan sangat penting sekali.

“Mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan sebagai wujud tanggung jawab kita atas keselamatan seluruh warga Jakarta mari kita tingkatkan doa dan bertawakal kepada Allah semoga kau tak kita terhindar dari cobaan wabah ini,” tambahnya. (AJ)