Penghuni dan Pengunjung Lapas Narkotika Cipinang Jalani Pencegahan Covid-19

Dengan menyebarnya wabah Corona Virus Disease (Covid-19) atau virus corona, beberapa lokasi seperti tempat ibadah, perkantoran, dan fasilitas umum meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

Berbagai upaya kebersihan sudah dilakukan diberbagai tempat dengan menyemprotkan cairan disinfektan, pemeriksaan suhu tubuh dengan Thermal Gun (alat pengecek suhu badan) dan sosialisasi masyarakat untuk mengajak Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Salah satunya upaya pencegahan penyebaran virus corona juga dilakukan di Lapas Narkotika Cipinang, Jakarta Timur, Senin (16/3/2020) siang. Selain sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden, Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasai Manusia) juga dari adanya Instruksi Gubernur DKI Nomor 16 tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan
terhadap Risiko Penularan Infeksi Virus Corona atau Corona Virus Disease (COVID-19).

Kepala Lapas Narkotika Kelas I Cipinang, Oga Darmawan, mengatakan, satu per satu pengunjung rutan dan lapas di pintu gerbang disemprot tangannya dengan cairan disinfektan.

"Selain itu juga diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas. Bahkan petugas juga memberikan sosialisasi dan edukasi tentang corona dan pencegahannya. Termasuk juga edukasi cara mencuci tangan yang baik dan benar," kata Oga.

Menurutnya, upaya yang dilakukannya tidak hanya terhadap pengunjung tetapi terhadap warga binaannya juga dilakukan hal yang sama.

"Prinsipnya, kita ingin sama-sama melakukan pencegahan agar virus corona tidak menyebar. Makanya kita lakukan penanganan cepat,"pungkas Oga. (JS)