Walikota Jaktim Buka Bazar Batu Akik Di Grand Cakung

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana membuka bazar batu akik yang diadakan di Pusat Gemstone Grand Cakung, di Jl. Hamengkubuwo IX, Kelurahan Ujung Menteng, Kacamatan Cakung, Kamis (6/8). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari atau hingga tanggal 9 Agustus 2015 tersebut, diharapkan dapat menjadi ajang promosi bagi para penjual dan pengrajin batu akik di Jakarta Timur.

Walikota pada kesempatan ini juga menyatakan siap membantu para pedagang dan pengrajin batu akik untuk mempromosikan hasil karyanya. Bahkan dirinya menawarkan halaman kantor Walikota untuk digunakan sebagai tempat untuk pameran.

"Jika memang butuh tempat, silakan gunakan halaman kantor Walikota, tinggal dikoordinir saja," kata Walikota.

Bambang juga meminta agar pedagang dan perajin batu akik di Jakarta Timur bisa memanfaatkan momen perdagangan bebas ASEAN akhir tahun ini untuk memasarkan produk batu akik Indonesia.

"Produk batu di Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia, ini harus dipasarkan ke level yang lebih tinggi, " ujarnya.

Walikota mengatakan, Pemprov DKI Jakarta sudah memberikan peluang dengan mempermudah perizinan melalui unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). "Jadi sekarang mengurus izin apa pun mudah, bisa di kelurahan. Silakan kembangkan usaha, Pemprov sangat mendukung,” ujarnya.

Sementara itu, Agustono Dwi Rachadi, selaku Ketua panitia pameran mengatakan, akan ada 70 stan batu mulia dan permata yang akan ikut pameran. Mereka berasal dari seluruh Indonesia, dengan menampilkan batu-batu unggulan dari daerah masing-masing.

“Tujuan pameran ini sendiri untuk mendukung perkembangan dan kemajuan perdagangan batu mulia dan permata di Indonesia pada umumnya dan Jakarta Timur pada khususnya,” kata Agustono.

Menurut Agustono, pameran diadakan oleh Festival Permata Nusantara dan Majalah Bursa Permata, bersama dengan pihak manejeman Pusat Gemstone Grand Cakung. “Pameran ini akan menjadi yang terbesar selama tahun 2015 ini, dengan tema Bazar Batu Mulia Termurah dan Kontes Nasional Jilid 2,” katanya.

Pembukaan bazaar ditandai dengan pmukulan gong oleh Walikota. Selanjutnya, Walikota bersama tamu undangan lainnya berkeliling melihat stan-stan pameran. (Rodin Daulat/Kominfomas JT)