Peduli Aksi Kemanusiaan, Warga Kelurahan Pondok Bambu Donorkan Darahnya

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mendukung penuh kebutuhan stok darah di Ibu Kota, terutama selama pandemi COVID-19. Salah satunya dengan mendukung aksi donor darah yang terus digelar di halaman Kantor Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (22/12/2020).

Aksi donor darah yang inisiasikan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Kelurahan Pondok Bambu ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timur. Dalam kegiatan ini  menargetkan sedikitnya 250 kantong darah untuk disumbangkan sebagai transfusi darah bagi yang membutuhkannya termasuk pasien yang mungkin dinyatakan positif COVID-19.

Terpantau, antusiasme masyarakat Kelurahan Pondok Bambu cukup tinggi mengikuti gelaran aksi donor darah. Sejak dibuka pendaftaran, dengan penerapan protokol kesehatan, sudah  terdaftar ratusan peserta yang ingin mendonorkan darahnya.

Wali Kota Administrasi Jakarta Timu, M. Anwar, mengapresiasi gelaran aksi donor darah yang merupakan bentuk kolaborasi antar pemerintah, PMI dan masyarakat. Pasalnya, saat ini kebutuhan stok darah di Ibu Kota Jakarta mengalami peningkatan saat masa pandemi COVID-19.

"Inilah, yang diharapkan peran serta seluruh elemen masyarakat ikut sertakan mendonorkan darahnya, khususnya bagi yang sehat dan untuk yang membutuhkan," kata Wali Kota.

Ia pun mengingatkan agar masyarakat yang hendak berdonor tidak perlu khawatir jika disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan tepat 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak). Baik dari pendonor maupun dari pihak penyelenggara dengan membagi ruang agar tidak terjadi kerumunan, sehingga dapat mencegah penularan COVID-19.

Hal senada dijelaskan Lurah Pondok Bambu, Angga Sastra Amidjaya, yang menyatakan bahwa aksi donor darah ini digelar dalam memperingati Hari Ibu Nasional tahun 2020.

"Jadi aksi donor darah ini mencerminkan bagian sosok pejuang kemanusiaan dengan jasa yang luar biasa besar, yaitu Ibu," kata Angga.

M. Idris selaku Ketua Panitia Aksi Donor Darah mengucapkan atas partisipasi serta dukungan dari Pemerintah dalam membantu mensukseskan aksi donor darah ini.

"Semoga ini menjadi nilai baik dalam membantu seksama bagi warga yang membutuhkan," ujar Idris. (AJ)