Kader PKK Kelurahan Batu Ampar Panen Sayuran dan Ikan di RPTRA Udara Segar

Kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur memanen sayur dan ikan di RPTRA Udara Segar, Selasa (22/12/2020).

Lurah Batu Ampar, Achmad Ruslan mengatakan, panen sayur ini dilakukan serentak di 65 kelurahan bersama kader Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur. Melalui kegiatan ini, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarkat agar bisa bercocok tanam dengan metode hidroponik di rumah masing-masing.

“Panen ini sekaligus untuk mengedukasi masyarakat tentang bercocok tanam  di lahan sempit secara hidroponik. Nantinya diharapkan, masyarakat mau bercocok tanam dan memiliki aktivitas di rumah selama masa transisi pandemi COVID 19,”ujar Achmad.

Sementara Ketua TP PKK Kelurahan Batu Ampar, Siti Muawanah Ruslan, menambahkan, jenis sayuran yang dipanen terdiri dari bayam merah seberat 1,5 kilogram, pakcoy 4 kilogram dan cabe rawit satu kilogram, serta ikan Nila sebanyak 3 kilogram.

Siti menjelaskan, jenis sayur yang dipanen ini ditanam selama 21 hari dengan sistem hidroponik. Semua hasil panen ini dijual ke masyarakat dengan harga rata-rata Rp20.000 per kilogram, kecuali tanaman cabai rawit yang dibagikan gratis kepada warga.

"Selebihnya hasil penjualan digunakan untuk operasional RPTRA," tutur Siti. (VS)

Foto Dok. Kelurahan Batu Ampar