Cegah Genangan Air, 8 Saluran Air Kelurahan Rawamangun Dibersihkan

Guna untuk mencegah terjadinya genangan air, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, membersihkan 8 saluran air yang berada di wilayahnya, Selasa (29/12/2020).

Diantaranya berada di RT 004/RW 13 Jalan Rawamangun (barat), RT 010/RW 14 Jalan Daksinopati, RT 012/RW 12 Jalan Rawamangun (selatan), RT 006/RW 15 Jalan Sunan Muria, RT 003/RW 09 Jalan Pinang, RT 015/RW 08 Jalan Duren, RT 004/RW 10 Jalan Mustika, dan RT 004/RW 02 Jalan Pemuda.

Asianti selaku Lurah Rawamangun, mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengembalikan fungsi dari saluran air tersebut.

"Ujuan dari pembersihan kali ini supaya saluran dapat memiliki daya tampung yang maksimal, sehingga apabila turun hujan yang deras tidak menyebabkan terjadinya genangan air,” ujar Asianti.

Ia menjelaskan, dalam pembersihan saluran tersebut mengerahkan 40 petugas PPSU Kelurahan Rawamangun. Banyaknya jumlah petugas ini dilakukan lantaran ditemukan sedimen lumpur, pasir, batu dan sampah daun serta sampah plastik di saluran tersebut.

Dirinya berharap setelah dibersihkannya saluran tersebut, apabila hujan turun dengan intensitas tinggi tidak menyebabkan genangan air.

"Mudah-mudahan dengan upaya yang kita lakukan dapat mengalirkan air atau debit air hujan secara maksimal sehingga tidak terjadi genangan atau banjir,” kata tandas Asianti. (OS)

Foto Dok. Kelurahan Rawamangun