50 Warga Ikuti Pelatihan Pembuatan `Hand Sanitizer` dan Tas Rajut

Sudin Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer (pembersih tangan) dan pouch (tas kecil) rajut, Senin (5/4/2021). Kegiatan kolaborasi dengan PT. Eloi Coco Industries ini diikuti oleh 100 peserta dan akan berlangsung dua hari hingga Selasa (6/4/2021).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, membuka pelatihan yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Timur, di PT. Eloi Coco Jalan Rawa Gelam di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Senin (5/4/2021).

Pada pelatihan hari pertama diikuti oleh 50 peserta dan akan dilanjutkan 50 peserta pada hari selanjutnya, yang terdiri dari perwakilan masing-masing kecamatan. Masing-masing hari dibagi atas dua sesi, dengan jumlah peserta 25 orang dengan menaati protokol kesehatan.

“Ini bentuk kolaborasi yang sangat positif, karena masyarakat bisa memiliki ilmu dan pengetahuan untuk berwirausaha,” ujar Kusmanto.

Ia berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan wawasan warga, serta menyerap tenaga kerja, sehingga dapat memberikan dampak baik bagi perekonomian.

Sementara itu, Kepala Seksi Industri Sudin PPKUKM Kota Administrasi  Jakarta Timur, Tyas Denok Wahyuningtias, mengatakan, kegiatan ini untuk mendukung Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, yakni untuk  pengembangan kewirausahaan terpadu (Jakpreneur) yang tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu.

“Pelatihan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dimana seluruh peserta dan penyelenggara selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan saat sebelum dan setelah pelatihan berlangsung,” ujar Tyas.

Selain itu, Manajer Marketing PT. Eloi Coco Industries, Sonam Dodani, berterimakasih atas kesematan berkolaborasi dalam pelatihan ini. Besar harapan, pihaknya bisa andil dalam mengedukasi warga untuk menjalankan protokol kesehatan..

"Kegiatan pelatihan ini untuk mengedukasi masyarakat, agar bisa membuat hand sanitizer di rumahnya masing-masing. Ini baru pertama kali dilakukan kolaborasi dengan Sudin PPKUKM Jakarta Timur. Ini kesempatan yang sangat luar biasa bagi perusahaan,”
jelas Sonam.

Foto Dok. Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur