Wali Kota Jakarta Timur Hadiri Pelantikan DPW APKLI DKI Jakarta

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus DPW APKLI (Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia) DKI Jakarta periode 2021-2026 di Ruang Serbaguna Blok C, Kantor Wali Kota, Sabtu (10/4/2021).

Pelantikan juga dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah. Adapun pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APKLI DKI Jakarta 2021-2026 terpilih Hairul Hidayat.

Dalam sambutanya, Wali Kota menyampaikan selamat, semoga kepada para pengurus DPW APKLI DKI Jakarta diharapkan menjadi mitra strategis pemerintah, utamanya dalam memberdayakan para pedagang kaki lima yang mandiri dan sejahtera.

“Kita harapkan adanya perubahan yang signifikan bagi para PKL. Semakin profesional, semakin baik, besar dan sejahtera dan mampu bermitra secara baik bersama pemerintah,” katanya.

Ia pun menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah menghadirkan Jakpreneur sebagai platform kreasi, fasilitasi, dan kolaborasi pengembangan UMKM melalui ekosistem kewirausahaan berbentuk kerja sama jangka panjang maupun bentuk kegiatan lainnya yang berpotensi untuk mengembangkan  keterampilan dan kemandirian berusaha dengan cara kolaboratif.

“Di sini kan sudah jelas Pak Gubernur punya Jakpreneur, disini kita harapkan APKLI bisa memanfatkaanya kemudahan dalam mengembangkan usaha mulai dari perizinan, hingga akses permodalan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ali Mahsun Atmo, M. Biomed Selaku Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia, mengusulkan perlunya terobosan baru dalam mekanisme penyaluran modal agar lebih mudah dan tepat sasaran diperoleh oleh pedagang dalam membangkitkan usaha dimasa pandemi saat ini.

“Potensi ekonomi rakyat ini sedang dalam kesulitan. Bersama dengan pemerintah kita merasa didampingi, usahanya maju berkembang sehingga rersesi ekonomi cepat berakhir,” tandasnya. (AJ)