Pencanangan HUT ke-494 Kota Digelar di Pasar Embrio

Pemerintah Kota Jakarta Timur menyelenggarakan pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-494 Kota Jakarta di Pasar Embrio, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Senin (24/5/2021).

Acara pencanangan tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, secara daring dari Pendopo Balai Kota Jakarta dengan mengangkat tema `Jakarta Bangkit`.

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, mengatakan, pemilihan Pasar Embrio sebagai lokasi pencanangan HUT ke-494 Kota Jakarta karena menjadi salah satu pusat perekonomian di Jakarta Timur yang sedang mengalami pemulihan ekonomi.

"Di Pasar Embrio sendiri telah tergabung sebanyak 337 JakPreneur dan juga kita berkolaborasi dengan Bank DKI untuk pembayaran, cashless atau non tunai di sini, untuk mencegah adanya klaster baru,” katanya.

Anwar menjelaskan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mempunyai tiga program prioritas dalam masa pandemi Covid 19 yaitu pemulihan perekonomian masyarakat, penanggulangan banjir, dan penanganan Covid-19.

Alhamdulillah upaya upaya terus kita lakukan salah satunya dengan pemulihan ekonomi dan juga menggalakkan program JakPreneur atau wirausaha mandiri khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM),” katanya.

Ia menyebutkan, dalam program JakPreneur tersebut salah satu yang dilakukan adalah pelatihan bagi anggota UMKM dan penyandang disabilitas tuna netra. Baginya, di saat pandemi ini, para tuna netra tidak bisa beraktivitas seperti biasa, seperti usaha memijat.

“Maka dari itu Saya kolaborasi dengan para pengusaha untuk dibuatkan gerobak, termasuk modalnya, dan juga penempatannya khusus di Jakarta Timur,” jelasnya.

Anwar menyatakan, upaya-upaya tersebut terbukti positif dengan meningkatnya jumlah UMKM di Jakarta Timur yang tergabung dalam JakPreneur tahun 2020 sebanyak 17.148 atau sebesar 200 persen dari tahun sebelumnya.

“Ini menunjukan bahwa Jakarta Timur bangkit dalam pemulihan perekonomian," ujarnya. (OS)