apartment Profil Kelurahan Malaka Sari

SEJARAH KELURAHAN MALAKA SARI

 

Untuk mengenal suatu area/wilayah tempo dulu mulailah dengan menelusuri sungai. Sebab sungai (muara, setu dan rawa adalah) penanda navigasi di daratan. Pada sisi-sisi sungai (muara, setu dan rawa) inilah bermula kampung-kampung kecil. Sungai tidak hanya digunakan untuk modal transportasi tetapi juga menjadi sumber air minum, juga sumber ikan. Sungai juga digunakan untuk pertahanan. Sungai juga menjadi sumber irigasi dengan membuat kanal. Itulah arti penting sungai di dataran rendah (yang dekat ke laut). Dalam perkembangannya, dibangun kanal dengan menyodet sungai Sunter di Pulo Gadung dan mengalirkannya ke Batavia dengan membangun kanal (disebut kanal Sunter). Kanal ini awalnya untuk modal transportasi tetapi kemudian menjadi fungsi drainase. Sejak itulah jalur kanal Sunter dan sungai Sunter semakin ramai yang pada gilirannya orang-orang Eropa/Belanda mulai memasuki wilayah pedalaman (untuk membangun pertanian tanaman ekspor). Dengan semakin ramainya arus orang ke hulu atau sebaliknya ke hilir, mulai terbentuk jalan darat dari Poelo Gadoeng ke pertemuan sungai Cipinang dan sungai Sunter (hingga lebih jauh ke hulu). Di dua sisi sungai Ciliwung juga terbentuk jalan darat (sisi barat dan sisi timur).

Tahun 1682 Pada perkembangan lebih lanjut, antara jalan darat sisi timur sungai Ciliwung (di benteng Mester Cornelis, di sekitar Berlan yang sekarang) dan jalan darat sisi timur sungai Sunter (pertemuan sungai Cipinang dan sungai Sunter) terbentuk jalan penghubung yang mana di atas sungai Sunter dibangun jembatan. Jembatan ini dibangun oleh pemilik lahan (keluarga Klender).

Nama kampung tempo dulu, kini menjadi nama kelurahan dan kecamatan di Jakarta Timur: Duren Sawit. Kecamatan yang dibentuk tahun 1993 ini terdiri dari tujuh kelurahan, yakni: Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Pondok Kopi, Malaka (Jaya dan Sari), Klender dan Duren Sawit. Keluruhan-kelurahan ini sebelumnya ada yang masuk kecamatan Jatinegara, kecamatan Bekasi Barat dan kecamatan Pondok Gede.

Nama kampung Malaka merujuk pada perkampungan orang yang berasal dari Malaka. Namun untuk tiga nama kampung Pondok Bambu, Pondok Kopi dan Pondok Kelapa sesuai namanya untuk mengidentifikasi nama kampung: terdapat pondok di kebun kopi, pondok di kebun kelapa dan pondok di hutan bambu.

Sewaktu Kecamatan Duren Sawit dibentuk pada tahun 1995 Kelurahan Malaka Jaya dan Kelurahan Malaka Sari belum terbentuk, yang ada hanya Kelurahan Malaka. Pada tahun 1997 barulah, kelurahan Malaka dimekarkan menjadi Kelurahan Malaka Jaya dan Kelurahan Malaka Sari. Kelurahan Malaka Sari ini berbatasan dengan Kelurahan Penggilingan, Cakung di sebelah utara, Kelurahan Duren Sawit dan Klender, Duren Sawit di sebelah barat, Kelurahan Malaka Jaya, Duren Sawit dan Pondok Kopi, Duren Sawit di sebelah timur dan Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit di sebelah selatan.

terletak di Jalan Raya Malaka No.122 RT.004 RW.008 Kelurahan Malaka Sari Kecamatan Duren Sawit Kota Administrasi Jakarta Timur

Batas Wilayah

Utara:  Rel Kereta Api Kelurahan Penggilingan

Timur: Jalan Raya Teratai Putih, Jalan Raya Wijaya Kusuma,Jalan Raya Baru, Kelurahan Malaka Jaya

Selatan: Jalan Kavling DKI Taman Malaka Selatan Kelurahan Pondok Kelapa

Barat: Kali Buaran Kelurahan Duren Sawit dan Kelurahan Klender

Kondisi Wilayah

Kelurahan Malaka terdiri dari 10 Rukun Warga dan 137 Rukun Tetangga dengan luas wilayah sebesar 138,23 Ha.

Jumlah penduduk sebanyak 32.622 Jiwa. laki - laki 15.862 jiwa . perempuan 16.798 jiwa. Ada sebanyak 10.293 Kartu Keluarga.

Jumlah Penduduk menurut mata pencarian Karyawan Swasta sebanyak 17.638 jiwa , Pedagang sebanyak 1.098 jiwa, Pensiunan sebanyak 3.647 jiwa, Pengangguran sebanyak 392 jiwa

 

  •  Banyak warga yang menanam jenis tanaman apotik hidup
  •   Memiliki lokasi urban farming
  •   Mengubah Kawasan kumuh menjadi taman yang menarik

  • Pelayanan penerbitan dan perubahan data KK
  • Pencatatan Biodata Penduduk WNI
  • Pelayanan biodata penduduk yang belum memiliki NIK
  • Pelayanan KTP-el karena adanya perubahan data/biodata
  • Pelayanan KTP-el karena pindah data, hilang atau rusak
  • Pelayanan KTP-el bagi Penduduk WNI di luar domisili
  • Pelayanan perekaman KTP-el baru
  • Pelayanan Surat Keterangan Pindah Datang
  • Pencatatan kelahiran dan kematian
  • Pelayanan Kartu Identitas Anak(KIA)
  • Pendataan penduduk┬áNon┬áPermanen

1.Juara Harapan II Lomba Kampung Bersih Narkoba 2013

2.Kelurahan Peduli Anak dari Komisi Nasional Perlindungan Anak Tahun       2018

3. Juara III Lomba MTQ Tingkat Kecamatan Duren Sawit

Jam operasional 07.30-16.00 WIB

Call Center

groups Perangkat Kelurahan Malaka Sari

foto-lurah

Rusli Abidin,SE,M.Si

shield_person PPID

Daftar Informasi Publik

Judul Tahun Organisasi File
SK PID KELURAHAN MALAKA SARI 2023 41 unduh disini