Cegah Genangan, PPSU Kelurahan Makasar Bersihkan Saluran di Jalan Irigasi

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Makasar melakukan pembersihan saluran untuk mencegah genangan saat hujan di Jalan Irigasi RT 003, RT 004, RT 010/RW 04, Kecamatan Makasar, Jumat (13/8/2021).

Pembersihan saluran ini mengerahkan 10 petugas PPSU Kelurahan Makasar. Para petugas membersihkan saluran sepanjang 50 meter tersebut dengan menggunakan alat ringan, seperti sekop dan pengki.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Makasar, Ristauli Tambunan, mengatakan, saluran air tersebut menjadi fokus utama pembersihan karena berada di lingkungan warga.

“Banyak lumpur dan sampah di saluran tersebut, yang jika hujan deras sering memicu genangan di kawasan tersebut, sehinga harus dibersihkan,” katanya.

Ristauli menyebutkan, saat peninjauan ke lokasi, banyak ditemukan sampah dan sedimen lumpur yang menumpuk. Ia pun meminta agar saluran dibersihkan agar aliran air berjalan normal.

"Kedepannya, diharapkan kita dapat sadar dalam menjaga kondisi lingkungan. Setelah dibersihkan, diharapkan warga dapat bersama-sama menjaga kebersihan saluran, sehingga dapat berkolaborasi untuk ikut penanganan bencana banjir," tambahnya. (VS)

Foto Dok. Kelurahan Makasar