Tangani Genangan, Pemkot Jakarta Timur akan Keruk Kali Rawa Rengas

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, yang dipimpin Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, menggelar rapat koordinasi membahas permohonan normalisasi Kali Rawa Rengas, Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, di Ruang Rapat IV, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Rabu (27/10/2021).

"Targetnya, Kali Rawa Rengas akan dikeruk sepanjang 500 meter, ini baru tercapai 300 meter, ternyata ada kendala 200 meter," jelas Kusmanto.

Ia menjelaskan, kendala tersebut karena masih terdapat lahan warga, sehingga terjadi penyempitan saluran.

Kusmanto menjelaskan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui Suku Dinas Sumber Daya Air
Kota Administrasi Jakarta Timur, akan melakukan pengerukkan sedalam 2 meter di Kali Rawa Rengas. Kemudian, akan dilakukan perluasan sedikit yakni 2-3 meter dengan mengambil tanah milik Modernland.

Selanjutnya dibantu pihak Metland yang akan membantu pompa air agar air di kali tersebut dapat mengalir cepat ke Waduk Site C Jakarta Garden City (JGC), Cakung.

Kusmanto menyebutkan, upaya pengerukkan dan perluasan Kali akan mengantisipasi genangan di RW 07 dan RW 08 Kelurahan Cakung Timur, dan pengerjaannya akan dilaksanakan pada bulan November 2021.

"Minimal bisa menarik air yang jadi penghambat, dengan adanya pedalaman dan pelebaran walaupun sedikit, air bisa ketarik," tuturnya. (AD)