Saluran Mikro yang Tersumbat di Jalan Raya Tipar Cakung Barat Dikuras

Guna mengantisipasi banjir pada musim hujan, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) membersihkan lumpur dan sendimen di saluran air di Jalan Raya Tipar Cakung RW 07, Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, yang tersumbat.

Sebanyak delapan petugas PPSU dikerahkan menguras sedimentasi lumpur dan sampah yang menyebabkan pendangkalan pada saluran air mikro di kawasan padat penduduk tersebut.

"Kita bersihkan saluran air di kedua RW ini. Selain alami penyumbatan juga dangkal dan kita kuras. Hasilnya, sudah lima karung berisi sampah dan lumpur kita angkut," kata Lurah Cakung Barat, Rahmat Arif, saat dikonfirmasi, Selasa (9/11/2021).

Ia pun menjelaskan bahwa aliran saluran mikro tersebut merupakan saluran yang langsung menghubungkan kepada Kali Cakung Drain. Dimana, jika alami penyumbatan dikhawatirkan terjadinya luapan, sehingga berdampak genangan.

"Marilah bersama kita menjaga lingkungan yang asri bersih dan sehat. Musim telah berganti dan kita jaga kampung kita dari banjir dan genangan," tandasnya. (AJ)

Foto Dok. Kelurahan Cakung Barat