Waduk Halim Perdanakusuma Mulai Dikeruk 4 Desember 2021

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, meninjau lokasi Waduk Halim Perdanakusuma RW 03, Kelurahan Halim Perdanakusuma, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Jumat (3/12/2021).

"Hari ini Kita melakukan peninjauan, tindak lanjut hasil rapat dengan Danlanud, untuk memastikan bahwa titik mana yang akan dimulai dikerjakan," jelas Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, saat peninjauan yang juga dihadiri oleh Komandan Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Bambang Gunarto.

Ia menyebutkan, Sudin Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi akan menurunkan alat berat jenis eskavator untuk mengeruk waduk dan saluran penghubung (Phb) Sulaiman dengan kedalaman 2 meter, yang akan dikerjakan pada 4 Desember 2021.

Kusmanto, juga mengatakan, supaya sosialisiasi oleh pihak Kelurahan dan Kecamatan dilakukan hari ini kepada warga di sekitar waduk dan saluran Phb Sulaiman.

"Jadi harus diketahui bahwa proyek ini adalah untuk mengatasi warga yang terdampak banjir di Cipinang Melayu," tandasnya.

Komandan Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Marsma TNI Bambang Gunarto, menyampaikan, pihaknya mendukung penuh rencana Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dalam menangani banjir, khususnya di wilayah Halim Perdanakusuma, Cipinang Melayu, hingga wilayah lain di sekitar bentangan Kali Sunter.

"Kami menyambut baik program normalisasi waduk ini karena berarti akan punya waduk resapan atau reservoar air yang bersih dan tidak ada sampah. Saya mendukung bersama pihak-pihak yang ada di bawah Lanud Halim agar membantu rencana Bapak Wali Kota Jakarta Timur untuk normalisasi waduk ini," tegasnya. (AD)