Pemkot Jakarta Timur akan Bangun Pompa Stasioner di Saluran Phb Cipa

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, menggelar rapat koordinasi rencana pembangunan pompa stasioner untuk saluran penghubung (Phb) Cipa, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, di Ruang Rapat Wakil Wali Kota, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Selasa (18/1/2022).

"Tujuan pembangunan pompa di Phb Cipa ini adalah menahan air dari Phb Cipa biar tidak langsung bertemu dengan aliran Kali Cipinang," jelas Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, usai memimpin rapat tersebut.

Kusmanto menjelaskan, nantinya akan dibuat tampungan air di saluran Phb Cipa ini, lalu disiapkan pompa air untuk mengatur debit air yang akan mengalir ke Kali Cipinang, sehingga air dapat mengalir dengan baik dan tidak meluap ke lingkungan warga.

Ia mengatakan rencana ini perlu dikoordinasikan dengan pihak Balai Besar Wilayah Sunga Ciliwung Cisadane (BBWSCC) terkait trase lebar dari Kali Cipinang. Selanjutnya, koordinasi bersama Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Timur terkait pembangunan pompa dan penampungan air tersebut, karena akan menggunakan banyak alat berat, serta koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Ia pun menyebutkan, rencana pembangunan penampungan air dan pompa direncanakan pada awal tahun ini.

"Dibangun setelah pemenang lelang ditentukan, nanti mereka langung bekerja, makanya Kita harapkan sesuai tenggat waktu, begitu ada pengumuman di bulan Maret, jadi langsung bekerja," tandasnya. (AD)