Musrenbang Kelurahan Utan Kayu Selatan Ajukan 199 Usulan

Kelurahan Utan Kayu Selatan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2022, di Ruang Serbaguna Kantor Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Selasa (25/1/2022).

Secara daring, Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, membuka Musrenbang tersebut, yang juga diikuti Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat.

Anggota DPRD DKI Jakarta, Dwi Rio Sambodo, menyampaikan, Musrenbang pada tahun ini merupakan evaluasi dari tahun sebelumnya, yang pada tahun ini dapat diusulkan kembali. Ia menambahkan, usulan dalam Musrenbang ini memang menjadi kebutuhan warga, dan diharapkan dapat terealisasi.

"Kesediaan anggaran yang notabene ini anggaran dari warga DKI Jakarta, bisa dinikmati dan kemudian menyentuh pada sisi substansi permasalahan yang dihadapi oleh warga," jelasnya.

Kemudian, Lurah Utan Kayu Selatan, Eric Dasya Refanda, menyampaikan, Musrenbang tahun 2022 Kelurahan Utan Kayu Selatan menghasilkan 219 usulan warga, yang diawali dari rembuk RW. Dari 199 usulan tersebut terdiri dari 113 usulan fisik, 75 usulan nonfisik, dan 11 usulan barang, dengan total Rp26 miliar.

"Usulan fisik yang masih prioritas, untuk dikerjakan Sudin Bina Marga dan SDA," jelas Eric.

Ia mengatakan, untuk pengerjaan berskala kecil seperti penambalan aspal dan pengerukan saluran dikerjakan pada tahun 2022, namun untuk pengerjaan berat atau pembangunan akan ditindaklanjuti pada tahun 2023. (AD)