Wakil Wali Kota Hadiri `Talk Show` Anggur Matang Cuan Datang di Malaka Sari

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Hendra Hidayat, menghadiri talk show bertemakan `Anggur Matang Cuan Datang` di Kebun di Kebun Imut Si Nakal, RW 06 Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (25/2/ 2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia tersebut merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan para Komunitas Pengangguran di bilangan Kota Jakarta Timur. Tentunya kegiatan ini juga bagian dari sosialisasi dan pembinaan terhadap seluruh petani yang ada di Indonesia.

"Kami patut bangga, Jakarta Timur ini ada kebun anggur yang dibudidayakan secara baik dan menghasilkan yang baik pula serta sangat bervariasi kami berbangga bahwa warga kami dapat menjadi acuan dari seluruh petani yang ada di Indonesia," kata Wakil Wali Kota.

Ia menegaskan, pihaknya telah mengisyaratkan melalui Instruksi Wali Kota Administrasi Jakarta Timur agar seluruh warga melalui pembinaan Lurah, Camat hingga para UKPD terkait, untuk dapat berkolaborasi bersama masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan, halaman rumah atau lahan-lahan yang bisa ditanami dan dijadikan budidaya tanaman produktif. Diantaranya seperti buah-buahan dan sayuran dalam rangka penghijauan.

"Alhamdulillah, hingga kini terdapat 77 hektare lahan (di Jakarta Timur) yang sudah dimanfaatkan bersama sebagai penghijauan yang produktif, serta menciptakan keindahan estetika dan penyediaan oksigen lingkungan juga tentunya peningkatan ekonomi masyarakat," paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusa Bidang Pertanian dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dedi Nursyamsi, mengaku takjub hingga kagum hasil dari budidaya tanaman anggur di Kebun Imut Si Nakal ini. Pasalnya, dari hasil budidaya itu mampu mendongkrak perekonomian masyarakat luas.

"Kami bangga, di Jakarta ada petani Anggur di Jakarta Timur. Selain menghasilkan ekonomi, juga mampu bermanfaat besar bagi masyarakat termasuk sisi edukasi, sebagai rangsangan untuk ikut serta menghijaukan kota Jakarta," ujarnya.

Yatno, petani anggur Kebun Imut Si Nakal merasa bersyukur atas keberhasilan dari budidaya tanaman Anggur sejak 2018. Sebanyak, 90 jenis varian tanaman Anggur telah ditanam.

"Hingga saat ini kita mampu menghasilkan dari berbagai bibit jenis varian Anggur sebesar Rp25 juta," ujarnya. (AJ)