Wali Kota Jakarta Timur Hadiri Peluncuran Z-Auto dari BAZNAS RI

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menghadiri sekaligus meluncuran program bantuan usaha, bengkel motor Z-Auto dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia (RI) di Kantor Pusat Baznas, Jalan Matraman Raya No. 134, Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Senin (18/4/2022).

Anwar menyampaikan, selaku pihak Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, mengapresiasi atas peluncuran program bantuan usaha dengan bengkel motor Z-Auto.

Ia menyebutkan, sebelumnya, pihaknya telah meluncurkan hal yang serupa, yakni, Gerobak JakPreneur, dan sudah mengadakan pelatihan khusus mekanik bagi warga Jakarta Timur. Baginya, dengan adanya program tersebut tentunya mendukung sekali apa yang sudah dijalankan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur.

Ia berharap, nantinya para mekanik di Jakarta Timur menerima bantuan tersebut, perlu dimonitor dan evaluasi, agar bantuan tersebut berjalan dengan baik, sehingga para penerima juga dapat menjalankan roda perekonomian lewat bidang otomotif.

“Ketika diberikan bantuan ini, Kita harus monitor hasil capaiannya. Ini yang paling penting monitoring evaluasi, tiap bulan dievaluasi,” ujar Anwar.

Kemudian, Ketua BANAS RI, Noor Achmad, menyampaikan, sebanyak 30 kios bengkel Z-Auto diluncurkan untuk DKI Jakarta, yang nantinya akan tersebar di setiap wilayah DKI Jakarta dan diberikan kepada mustahik. Nantinya, para calon mekanik diberikan pelatihan khusus mekanik agar memiliki kualitas yang baik yang diberikan kepada konsumen Z-Auto ini.

“Tapi nanti Kita akan meratakan semuanya (kios Z-Auto) kalau memang dibutuhkan, karena memang di sini sekaligus juga untuk penampilan bengkel-bengkel di pinggir jalan agar lebih bagus,” ucapnya.

Alit Saefudin, penerima kios, menyampaikan, semenjak pandemi, Ia kehilangan pekerjaan sebagai mekanik, dengan adanya bantuan usaha tersebut. Ia berharap dapat mengembalikan perekonomiannya.

“Berterima kasih kepada BAZNAS sudah ngasih bantuan, rezeki yang tak terduga, ya banyak bersyukur,” ungkapnya. (AD)