RW 16 Kelurahan Cililitan Jadi Proyek Percontohan Taman Layak Anak

Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (KPMP) Jakarta Timur gandeng PT Pembangunan Jaya, lewat program  Corporate Social Responsibility (CSR), membangun taman ramah anak di perkampungan penduduk. Sebagai proyek percontohan, pembangunan taman ramah anak berlokasi di RW 16 Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramatjati.

Taman tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 3.800 m2. "Taman di Cililitan nanti akan kita lengkapi dengan jogging track, mainan anak, lampu pintar, PAUD dan Puskesmas Anak," kata Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat & Perempuan (KPMP) Jakarta Timur, Hendry, di kantornya, Jumat (16/1).

Menurut Hendry, proyek serupa juga dibangun di lima lokasi lain di Provinsi DKI Jakarta. Rencananya proyek pekerjaan akan dilakukan awal Februari nanti dan diprediksi akan rampung akhir April 2015 nanti.

"Ada 6 Taman Ramah Anak yang akan dibangun dengan bantuan CSR dari PT. Pembangunan Jaya, rencananya proyek pekerjaan akan dimulai awal Febuari nanti dan kita prediksi akhir April 2015 akan rampung," ujarnya.

Dikatakan Hendry, selain di Jakarta Timur yang ada di RW 16 Kelurahan Cililitan, taman serupa juga akan dibangun  di Jakarta Selatan (Kelurahan Gandaria Selatan), Jakarta Pusat (Kelurahan Cideng), Jakarta Utara (Sungai Bambu), Jakarta Barat (Kembangan), dan Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa.

Selain melalui program CSR, KPMP Jakarta Timur memiliki program reguler yaitu membuat sebanyak 15 Taman Publik Terpadu Ramah Anak (TPTRA). Namun saat ini program tersebut masih dalam kajian karena terkendala lahan yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta.

"TPTRA terdiri dari tiga hal yaitu Taman Ramah Anak, Sekolah Ramah Anak dan Puskesmas Ramah Anak, namun semuanya masih dikaji," tandasnya. (Puji/Kominfomas JT)