Gubernur DKI Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kampung Gembira Gembrong

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meletakkan batu pertama pembangunan kawasan Kampung Gembira Gembrong secara simbolis di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (1/7/2022). Ia juga memimpin apel kerja bakti Kampung Gembrong eks lokasi kebakaran pada April 2022 yang akan direvitalisasi menjadi Kampung Gembira Gembrong.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur turut didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar dan Kepala Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, Mohammad Nasir Tajang.

Selain itu turut hadir Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, Asisten Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahuddin, Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan, dan para Kasudin, para Kepala Bagian, Camat Jatinegara, Muchtar dan para Lurah se - Kecamatan Jatinegara.

Pantauan Tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur di lokasi, Anies tiba pukul 08.15 WIB dan langsung disambut warga dari anak – anak hingga orang tua.

Alhamdulillah pagi ini kita melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Kampung Gembrong ini dan rencananya dinamai Kampung Gembira Gembrong. Ada 136 unit yang nanti akan dibangun dan menelan biaya Rp7,8 miliar," ujar Gubernur.

Ia menyebutkan, pembangunan Kampung Gembira Gembrong akan dikerjakan selama bertahap, dengan perencanaan dan tata kelola yang tepat, agar kawasan tersebut dapat dihuni kembali.

“Untuk rancangannya pun dirancang menjadi kampung yang nyaman bagi semua bukan sekadar bangun unit per unit tapi membangun kampung yang terintegrasi dan Kita berharap bulan September tempat ini sudah selesai," pungkasnya.

Kepala Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, Mohammad Nasir Tajang, menjelaskan, pembangunan Kampung Gembira Gembrong ini dari partisipasi masyarakat. Nantinya, akan dibangun kawasan dengan konsep ramah lingkungan, ramah orang tua dan anak, agamis.

“Kita harus ciptakan lingkungan di sini menjadi lingkungan agamis dan dekat dengan Allah SWT," tukasnya.

Selain itu, salah seorang warga eks kebakaran Kampung Gembrong, Suharti, mengungkapkan rasa terima kasih atas rencana pembangunan Kampung Gembira Gembrong ini agar bisa ditempati kembali.

“Terima kasih Pak Anies sudah menggembirakan warga Pasar Gembrong dan langkah selanjutnya bagaimana supaya ekonomi berjalan lancar ke depannya," ujarnya. (JS)