Pemkot Jaktim Siapkan `Festival Golok Cakung Harmoni Timur Jakarta`

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar rapat koordinasi dalam rangka helatan `Festival Golok Cakung Harmoni Timur Jakarta` di Ruang Rapat Wakil Wali Kota, Lantai II Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Senin (18/7/2022).

Festival Golok Cakung Harmoni Timur Jakarta nantinya akan digelar awal Agustus 2022 mendatang dengan beragam rangkaian dimulai dari parade Golok Cakung, Bazar hingga ragam pagelaran seni budaya lainnya.

“Prinsipnya kita dari Pemerintah Kota Jakarta Timur mendukung namun perlunya perizinan terkait dari pelaksanaannya kepada satgas Covid-19 Kota Jakarta Timur,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Timur, Rohmad.

Menurutnya, hasil rapat ini juga merupakan bagian menindaklanjuti Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 91 Tahun 2022 tentang Penetapan Golok Cakung I-VII sebagai benda cagar budaya, dan Komunitas Cakung sebagai salah satu destinasi budaya di Jakarta Timur.

“Ini tentunya bagian sejarah yang harus didukung. Jika semuanya sudah rampung dari perizinan dan hari, tanggal diselenggarakan, tentunya ini menjadi harapan, sehingga jalinan silaturahmi antar generasi, juga bagian sosialisasi melestarikan benda bersejarah yang menjadi cagar budaya Golok Cakung,” tambahnya.

Sementara itu, Jawara Padepokan Bedok Latih, Agus Syahadat, mengungkapkan terima kasih atas dukungan Pemkot Jakarta Timur mengenai terselenggaranya `Festival Golok Cakung Harmoni Timur Jakarta` yang tujuanya sebagai syiar bahwa di Kota Jakarta terdapat kesenian Golok Cakung berumur ratusan tahun.

“Golok Cakung merupakan salah satu senjata tradisional asli Betawi yang digunakan sebagai peralatan perang dan alat pelengkap seni bela diri Silat Cakung. Karena itu, golok ini memiliki nilai budaya sebagai simbol perjuangan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan,” ujarnya. (AJ)