Wali Kota Jakarta Timur Luncurkan Kelurahan Sadar Kerukunan Umat Beragama

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menghadiri peluncuran Kelurahan Sadar Kerukunan di Aula Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD), Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis (21/7/2022). Ia juga menandatangani prasasti Kelurahan Sadar Kerukunan.

“Kita kumpulkan semua tokoh agama tokoh masyarakat deklarasi Kelurahan Sadar Kerukunan, dimulai dari Kelurahan Malaka Jaya dan mereka menjamin tidak adanya gesekan, terutama lintas agama. Kita akan selesaikan secara kekeluargaan, Insya allah tidak ada masalah,” jelasnya.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan Sosialisasi Peraturan Perundang - undangan Tentang Kerukunan Umat Beragama bagi pengurus RT/RW dan penyerahan santunan kepada 30 anak yatim dengan masing - masing anak mendapatkan Rp250.000.

“Ini jadi akan jadi percontohan di 10 Kecamatan, besok sosialisasi lagi di tempat lain. Jadi, kita harapkan yang hari ini diundang dapat menyampaikan kembali kepada masyarakatnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Jakarta Timur , Ma`arif, mengatakan, sosialisasi ini merupakan pembukaan yang akan dilanjutkan nanti turun ke kecamatan – kecamatan.

“Mudah - mudahan dengan sosialisasi ini dan diberikannya pemahaman peraturan kerukunan umat beragama ini akan menciptakan kondisi kehidupan umat beragama yang damai rukun dan aman di wilayah Jakarta Timur," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Timur, Zulkarnain, mengapresiasi adanya Kelurahan Sadar Kerukunan ini untuk mengantisipasi disharmonisasi yang ada di masyarakat.

"Semoga ini dapat menularkan Kelurahan lain dan Kecamatan lain kita komitmen bersama antara ulama dan umara untuk bergandeng tangan menjaga kesatuan NKRI melalui program seperti ini," ujarnya. (JS)