Wali Kota Targetkan Seluruh Kelurahan dI Jakarta Timur Sadar Hukum

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menghadiri semarak peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ke-77 di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumham) DKI Jakarta, Kelurahan Cawang, Jakarta Timur, Rabu (27/7/2022).

Peringatan HDKD ke-77 Tahun 2022 ini dirangkai dengan pembinaan kepada 77 Desa/Kelurahan Sadar Hukum (Kadarkum) secara serentak di seluruh Kanwil Kemenkumham yang dibuka secara virtual oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Widodo Ekatjahjana.

"Pembinaan seperti ini sangat baik untuk meminimalisir pelanggaran hukum yang ada di wilayah Jakarta Timur. Sebab, semakin tinggi mobilitas warga, semakin tinggi pula tingkat pelanggaran hukum, maka kita harus meminimalisirnya dimulai dari Kelurahan Sadar Hukum," kata Wali Kota.

Ia pun mengapresiasi atas Kemenkumham RI yang terus menggencarkan penyuluhan hukum di wilayahnya. Menurutnya, salah satu bentuk kegiatan penyebarluasan informasi dan pemahaman terhadap norma hukum ini sangat diperlukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi masyarakat menuju masyarakat taat dan cerdas hukum.

Terdapat tiga Kelurahan mengikuti Penyuluhan Desa/Kelurahan Sadar Hukum secara serentak di Jakarta Timur yaitu Kelurahan Cipayung, Kelurahan Rawamangun dan Kelurahan Kebon Pala.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham RI DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, mengatakan bahwa tujuan dari adanya kegiatan ini sebagai sarana untuk mewujudkan pemulihan ekonomi masyarakat. Kegiatan ini juga dibuka layanan pendaftaran merek, agar para UMKM dan masyarakat yang memiliki merek dagang bisa didaftarkan.

"Seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta kita berharap dari kegiatan penyuluhan ini semua kelurahannya sudah dapat menjadi Kelurahan yang sadar hukum," ujarnya. (AJ)