6 Pompa Mobile Baru Siap Atasi Genangan di Jakarta Timur

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau uji coba 6 pompa mobile berkapasitas 250-300 liter/detik, di Waduk Ria Rio, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (23/11/2022).

Nantinya, Wali Kota menjelaskan, keenam pompa disiagakan untuk Kecamatan sisi hilir di Jakarta Timur, yakni Kecamatan Pulo Gadung, Kecamatan Cakung, Kecamatan Duren Sawit, dan Kecamatan Jatinegara.

“Tentunya ini sangat membantu sekali, kita akan tempatkan di lokasi-lokasi yang wilayahnya ke arah Utara, jadi yang di hilir,” ujarnya.

Ia menuturkan, untuk tahun ini Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Timur telah menganggarkan 18 unit pompa mobile. Dengan spesifikasi 250 liter/detik hingga 1.000 liter/detik yang disebar di titik kelurahan rawan genangan.

“Prioritas di kecamatan di hilir, ini di Kecamatan yang banjir, yang sisanya dua stand by di kantor. Bisa mobile kemana pun dibutuhkan, kalau memang membutuhkan bantuan-bantuan kita harus turun. Di samping itu juga kita minta bantuan Damkar, bagaimana kita antisipasi yang namanya banjir tidak masuk menggenangi rumah SOP-nya seperti itu, ketika masih di jalan kita lakukan penyedotan, jangan sampai memasuki dalam rumah itu sama saja percuma,” tuturnya.

Selain itu, ia menyampaikan pengerukan waduk yang berada di sisi hulu hingga hilir di Jakarta Timur terus dilakukan sebagai upaya pengendalian air ketika musim hujan maupun arus air dari pintu air Katulampa, Bogor. (AD)