PJ Gubernur DKI Jakarta Tinjau 2 Proyek Sodetan Kali Ciliwung

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, melakukan peninjauan dua lokasi proyek Sodetan Kali Ciliwung, di Jalan Otista Raya, Kelurahan Bidaracina dan Jalan Kebon Nanas, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (1/12/2022).

Turut hadir mendampingi PJ Gubernur, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar, Camat Jatinegara Muchtar, dan para pejabat Provinsi DKI Jakarta. Peninjauan dilakukan untuk memastikan pengerjaan proyek Sodetan Kali Ciliwung terlaksana dengan baik, setelah sebelumnya sempat terhambat.

Pj Gubernur optimis pengerjaan proyek Sodetan Kali Ciliwung akan rampung pada April 2023 dan dapat mengurangi dampak banjir di Ibu Kota.

"Reduksi banjir itu sekitar 200 hektare. Ini fungsinya 60 meter kubik per detik bisa tereduksi. Mudah-mudahan di sisi utara Jakarta mengurangi banjir. Insyaallah April,” ujarnya.

Heru juga menyinggung terkait pembebasan lahan yang menjadi salah satu kendala penyelesaian Sodetan Kali Ciliwung tersebut. Pembebasan lahan Sodetan Kali Ciliwung di Jalan Otista Raya sudah selesai. Kendala pembebasan lahan tersisa di area outlet yang berlokasi di Kebon Nanas.

Heru menilai sinergitas Pemprov DKI Jakarta dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan dapat menyelesaikan pembebasan lahan di outlet tersebut, apalagi masih ada waktu karena proses pekerjaan fisik hingga Maret 2023 mendatang.

“Ini tinggal di bawah tanah yang bisa pembebasan. Panjangnya 1,2 kilometer. Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran yang sudah melakukan sosialisasi, pendekatan kepada para pihak, baik itu pemilik bangunan maupun pemilik lahan," tutupnya.(JS)