Antisipasi Amblas Petugas Pasang Dolken di Kali Baru RW 010 Bidara Cina

Petugas gabungan pasukan Satuan Pelaksana Suku Dinas Sumber Daya Air (Satpel SDA) Kecamatan Jatinegara dan pasukan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) melakukan pemasangan kayu dolken, di RW 010, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (27/12/2022).

Lurah Bidara Cina, Suhartono mengatakan, pemasangan dolken dilakukan lantaran pembatas jalan rumah warga dengan Kali Baru sudah mulai menurun dan berisiko amblas atau longsor. Sepanjang 40 meter dolken dipasang guna mengantisipasi terjadinya amblas.

“Hari ini pemasangan dolken, karena hampir 40 meter mulai retak-retak tergerus air,” ujarnya.

Ia menyampaikan, tahap selanjutnya, ia meminta warga setempat untuk mengajukan pembuatan turap sekaligus pengerukan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2023. Lantaran dolken tersebut bersifat sementara dan Kali Baru memang sudah mulai dangkal.

“Kita punya jangka panjang dengan Pak RT, Pak RW, dan LMK, karena bulan depan Januari memang sudah proses untuk Musrenbang, kita berharap ada perbaikan turap dan pengerukan Kali Baru ini,” pungkasnya.

Ketua RT 05 RW 010 Bidara Cina, Ishak Ismail menjelaskan, jalan tersebut sangat penting bagi warga karena digunakan sehari-hari. Berhubung mengalami penurunan dan retak pada bibir kali maka berisiko terjadi amblas, maka ia memohon kepada pihak Kelurahan Bidara Cina untuk ditindak lanjuti.

“Alhamdulillah dengan cepat sekali komunikasi dengan Pak Lurah, pemasangan dolken langsung dikerjakan,” ungkapnya. (AD)