Pokdarwis RW 04 Balekambang Jadi Pusat Kawasan Unggulan

Jajaran Kelurahan Balekambang fokus melakukan penataan kawasan unggulan di Jalan Al-Maghfiroh RW 04 Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (4/1/2023). Kawasan unggulan ditata dengan sentuhan khas Betawi.

Sentuhan Betawi dengan ragam warna-warni di kawasan unggulan menghiasi dinding rumah warga.

“Kita pilih kawasan unggulan di RW 04 ini sebagai Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) yang mengedepankan ragam kuliner dan aksesoris Betawi yang bekerjasama bersama kelurahan dan Sudin Pariwisata dengan harapan kawasan ini menjadi pusat wisata Betawi,” kata Lurah Balekambang, Herman Triono.

Penataan kawasan juga dilakukan untuk membangkitkan kembali penggiat UMKM Betawi yang selama ini mulai tenggelam.  Karena itu, Herman mengapresiasi, semangat seluruh warga yang berkolaborasi baik dalam penataan kawasan yang bertujuan ikut membantu meningkatkan perekonomian warga melalui pariwisata.

Sementara itu Ketua Pokdarwis RW 04 Kelurahan Balekambang, Diki Arfansuri mengaku, bangga adanya dukungan pemerintah langsung dalam penataan di RW 04. Nantinya, mereka akan berupaya mengedepankan terapan sapta pesona, yang terkandung dalam segi keamanan, keindahan, kebersihan dan kenangan, juga daya tarik dan ketertiban lingkungan, sehingga bisa Pokdarwis bisa menjadi destinasi wisata Betawi Condet.

“Kami optimis kedepannya akan kita jadikan sebagai destinasi wisata Betawi, tahap awal ini masih ditahap percontohan dan ini akan terus bersama dilakukan pembinaan dan promosi akan budaya Betawi,” pungkasnya. (AJ)