Pemkot Tegaskan Dukung Program Nasional Pembangunan Sodetan Kali Ciliwung

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, mendukung penuh pembangunan sodetan kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT). Proyek pembanguan Sodetan Ciliwung dinilai sangat penting dalam upaya mengurangi dampak banjir.

Dukungan itu diutarakan Wali Kota dalam Rapat Teknis Pelaksanaan Penertiban Terpadu Lokasi Rencana Program Nasional Pembuatan Sodetan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT), di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Selasa (10/1/2023).

“Tentunya ini sangat diharapkan, sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan ini proyek nasional, harus dilakukan percepatan, mudah-mudahan harapan kita berjalan lancar,” kata Wali Kota.

Pembangunan sodetan outlet yang akan dibangun berada di Jalan IPN Kebon Nanas RT 009 RW 06, Kelurahan Cipinang Besar Selatan. Nantinya, sodetan, sebagai upaya penanganan banjir ataupun genangan dengan menyodet aliran kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) . Diharapkan dengan terbangunnya sodetan, rumah warga yang berada dekat aliran kali Ciliwung tidak terus-menerus mengalami banjir ketika musim penghujan maupun kiriman air dari Bogor.

Terkait relokasi, Pemkot Jakarta Timur sudah menyiapkan berbagai solusi bagi warga terdampak antara lain dengan melakukan relokasi warga ber-KTP DKI Jakarta ke rumah susun dan para pedagang akan ditempatkan di pasar di bawah binaan PD Pasar Jaya.

 “Jadi penghuni-penghuni yang saat ini ada di sana, warga yang ber-KTP DKI kita relokasi ke Rusun Cipinang Besar Utara. Kemudian yang berdagang, kita berikan fasilitas di PD Pasar Jaya seperti di Pasar Embrio Kecamatan Makasar. Terus yang ber-KTP luar kota, kita antar pulang ke kampung halamannya,” tambahnya. (AD)