Monitoring PSN Jumantik Malaka Jaya Terapkan 3R

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Achmad Salahudin, mengapresiasi langkah para kader Jumantik Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, dalam penerapan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

Salah satu terobosan yang mendapat apresiasi yakni dengan menerapkan metode 3R, reuse, reduce, dan recycle dalam pemberantasan sarang jentik di lingkungan warga. Dengan mengedepankan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat saat melakukan rutinitas berkeliling.

Hal itu disampaikan Achmad Salahudin saat melakukan monitoring PSN di Jalan Bunga Rampai Gang 2 RW 06, Kelurahan Malaka Jaya, Jumat (13/1/2022).

"Kita apresiasi, selain memberantas jentik berkeliling rumah warga mereka juga adanya terobosan jika ditemukan tampungan botol gelas atau limbah rumah tangga lainya yang dibersihkan. Ini suatu hal yang sangat positif yang harus dikembangkan sebab pemerintah sangat fokus menangani sampah. Artinya, bukan hanya sarang jentik saja namun menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Menurutnya, kegiatan PSN di Kelurahan Malaka Jaya hingga saat ini mampu menekan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD.) Namun, dirinya mengingatkan kepada seluruh Kader Jumantik untuk tetap semangat dan menjaga kekompakan dalam mengedukasi masyarakat.

"Yang terpenting itu pemberian edukasi dan pembinaan masyarakat dalam penerapan Jumantik Mandiri dan perilaku hidup bersih di rumah masing-masing. Sebab dikhawatirkan di bulan Maret kedepan, adanya lonjakan kasus DBD,"  tandasnya. (AJ)