Upaya Kurangi Emisi, 1.000 Pohon Ditanam di Jakarta Timur

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, melakukan penanaman simbolis 1.000 pohon di lahan kolong Tol Becakayu, Jalan Laksamana Malahayati RT 001 RW 016 Kelurahan Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (28/4/2023).

Hadir mendampingi Pj Gubernur, Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, Kepala Dinas Pertamanan dan Kehutanan (Distamhut) DKI Jakarta, Bayu Meghantara serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati.

Penanaman pohon merupakan hasil sinergitas dengan PT Antam Tbk sebagai salah satu upaya mendukung pengurangan emisi karbon. Penanaman akan dilakukan secara bertahap sepanjang 3 kilometer di kolong Tol Becakayu dan sejumlah lokasi di wilayah Kelurahan Duren Sawit.

“Ini adalah kesekian kalinya, saya bersama Pak Walikota Jakarta Timur dan Dinas KPKP (Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan) DKI Jakarta melakukan penanaman pohon. Hari ini ada 500 pohon buah hortikultura ditanam,” kata Pj Gubernur.

Berbagai jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan tersebut di antaranya jeruk lemon, lidah buaya dan jambu kristal. Sementara sisa pohon lainnya akan ditanam di beberapa lokasi lain di wilayah Duren Sawit.

“Termasuk pohon yang bermanfaat atau berbuah. Saya juga sudah berdiskusi terkait titik baru,” ujarnya.

Pj Gubernur dalam kesempatan itu juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran PT Antam. Ini bukan pertama kali mereka berkontribusi dalam melakukan aksi penanaman di Jakarta.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Produksi PT. Antam TBK, I Dewa Wirantaya mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini sebagai bagian dari tanggung jawab sosial korporasi terhadap lingkungan. Setiap tahun, pihaknya menargetkan kontribusi pengurangan 2 persen ‘net zero emission carbon’. “Upaya yang dilakukan secara internal adalah mengefisienkan energi dan pengalihan penggunaan energi fosil ke energi baru. Dari eksternal kami bersinergi dengan Pemda dengan penanaman pohon agar mampu mewujudkan net zero emission di tahun 2060,” ungkapnya.

Lurah Duren Sawit, Santi Nur Rifiandini, mengaku bersyukur karena mendapat dukungan program penghijauan dan penataan kawasan di wilayah mereka. Ia berharap program penghijauan tanaman hias dan pohon produktif bermanfaat besar bagi warga dan lingkungan sekitar. 

“Kami atas nama jajaran kelurahan dan warga Duren Sawit mengapresiasi PT Antam Logam Mulia yang telah mendukung program penghijuan dan penataan kawasan yang digalakkan Pemprov DKI Jakarta. Kita akan jaga dan rawat bersama para UKPD/SKPD dan PKK hingga kolaborasi bersama warga di masing-masing RW yang ada di Kelurahan Duren Sawit,” kata Santi. (AJ)