Sulap Lahan Kosong, RW 06 Kelurahan Cilangkap Panen Kangkung

Jakarta Timur, (3/5/2023) - Jajaran Kelurahan Cilangkap melakukan panen kangkong sebanyak 125 kilogram di lahan pertanian RW 06, Rabu (3/5/2023). Sebelumnya lahan seluas 500 meter persegi di Jalan Damai 3 RT 05 RW 06, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur itu merupakan lahan kosong tidak terurus.

Sejak tiga bulan lalu, kondisi lahan yang sebelumnya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah diubah jajaran Kelurahan Cilangkap bersama warga sebagai lahan pertanian. Lahan ditanami berbagai jenis tanaman di antaranya kangkung, terong, sawi, cabai, dan tomat.

“Sebanyak 125 kg sayur kangkung berhasil dipanen hari ini bersama kader PKK RW 06 Kelurahan Cilangkap. Hasil panen dibagikan kepada warga dan pengurus PKK RW 06 Kelurahan Cilangkap,” kata Plt Lurah Cilangkap, Eddy Sofyan Latief kepada tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Rabu (3/5/2023).

Ketua RW 06, Awaludin mengakui, lahan pertanian yang sebelumnya lahan kosong awalnya diubah karena warga mengeluh bau dari pembuangan sampah ilegal.

“Awalnya lahan kosong itu tidak terawat, banyak ilalang dan sempat dijadikan tempat pembuangan sampah dan banyak dikeluhkan warga. Atas dasar itu, kami pengurus RW 06 berembuk bersama Kelurahan Cilangkap melakukan kerja bakti penataan kawasan tersebut bersama warga RW 06 dan PPSU Kelurahan Cilangkap,” jelas Awaludin.

Kerja keras Kelurahan Cipayung dan pengurus RW 06 mendapat apresiasi dari Dewan Kota Kecamatan Cipayung, Toto Suharto. Mereka dianggap merespon cepat program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan inovasi mengubah lahan pembuangan sampah liar menjadi lahan produktif.

“Saya selaku dewan kota sangat mendukung kegiatan dan inovasi ini sebagai bagian dari ketahanan pangan perkotaan. Diharapkan dapat di contoh oleh wilayah RW lainnya di Kecamatan Cipayung,” ucapnya. (JS)